Parlementaria

Hj.Elin Suharliah Mendorong Perempuan Bersinergi Dalam Keterwakilan di Parlemen.

Kabupaten Bandung Barat.Swara Jabbar Com.- Anggota Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat Hj.Elin Suharliah menilai perlunya peningkatan peran dan partisipasi perempuan dalam bidang politik. Dengan begitu, perempuan juga mampu menjadi tokoh penting dalam pembangunan.

 

Basis perempuan itu merupakan basis yang paling dilirik semua parpol. Sekarang ini, partisipasi perempuan dalam politik sudah sangat baik karena sudah banyak perempuan yang menjadi pengurus parpol.

 

 

Dengan adanya peningkatan peran perempuan dalam pencalonan legislatif, maka perempuan pun ikut mendukung demokrasi. Karena, syarat dari KPU adalah 30% partisipasi perempuan dalam politik.“Kami berharap banyak perempuan yang maju dalam pemilihan legislatif tandas Hj.Elin Suharliah.

 

Politikus PDI Perjuangan Hj.Elin Suharliah asal dapil Jabar III (Kabupaten Bandung Barat) mengajak para politikus perempuan untuk bersinergi mendorong angka keterwakilan perempuan di parlemen. Hal itu diupayakan agar kebijakan dan program yang dibuat dapat lebih inklusif, memiliki perspektif gender dan tepat sasaran sesuai dengan permasalahan yang dihadapi di lapangan sebagai sesama perempuan.

 

 

Ketidaksetaraan gender yang terjadi ini, menjadikan banyak perempuan tidak memiliki akses seluas laki-laki, belum dapat berpartisipasi, belum dapat ikut menentukan arah dan mendapat manfaat pembangunan yang sama, termasuk dalam ruang-ruang politik tandasnya.

 

 

Lebih jauh, Hj.Elin Suharliah menegaskan Selain itu, dengan adanya aturan Komisi Pemilihan Umum juga mengeluarkan Peraturan Nomor 10 Tahun 2023 tentang Pencalonan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota, hal ini memiliki potensi berkurangnya jumlah perempuan calon anggota legislatif, yang dapat menyebabkan turunnya persentase keterwakilan perempuan.

 

 

“Melihat data indeks, fakta di lapangan dan mempertimbangan jumlah perempuan yang mencapai setengah penduduk, membuat kita sesama perempuan perlu saling bersinergi. Kita perlu saling memotivasi dan menginspirasi satu-sama lain untuk mendorong keterwakilan perempuan di politik, yakni dimulai dari kolaborasi sesama perempuan,” Tutup Hj.Elin Suharliah.(AP)