Regional

Konsumsi Cincau hitam disaat El Nino

Bandung.Swara Jabbar Com.-

Oleh Jeremy Huang Wijaya

保持健康的身体是人生的主要资本
Bǎochí jiànkāng de shēntǐ shì rénshēng de zhǔyào zīběn artinya jaga kesehatan tubuh itu modal utama dalam kehidupan
El Nino di Indonesia memicu kekeringan, minimnya curah hujan akan meningkatkan jumlah titik api, sehingga rawan menyebabkan terjadinya kebakaran hutan dan lahan.
Cuaca ekstrem seperti kekeringan dan banjir dapat mengganggu pesanan produksi pangan dan membawa lebih banyak ketidakpastian pada pasokan pangan dan minyak.
El Nino mengakibatkan suhu panas, Ternyata Suhu panas berlebihan dapat membahayakan setiap bagian tubuh kita. Tak hanya membuat gerah dan kelelahan, dalam kasus ekstrem, suhu panas bisa mengakibatkan otak sulit berpikir, kanker, stroke, hingga serangan jantung.
Hipotalamus adalah termostat tubuh. Bagian pada otak ini merasakan perubahan suhu, di dalam tubuh dan di luar, kemudian membuat penyesuaian untuk menjaganya seimbang. Ketika otak merasakan bahwa tubuh menghangat, hipotalamus mengirimkan pesan ke pembuluh darah di dekat kulit, menyuruhnya untuk melebar. Kondisi ini meningkatkan jumlah darah di permukaan kulit yang memungkinkannya kehilangan panas, selama udaranya lebih dingin dari tubuh.
Jika udara diluar tubuh lebih panas daripada di dalam kelenjar keringat tubuh yang semuanya berjumlah 1,6 hingga 5 juta mulai bekerja. Keringat dikeluarkan ke permukaan kulit dan penguapannya memiliki efek mendinginkan. Hal ini karena dibutuhkan energi panas dari tubuh untuk mengubah cairan menjadi uap. Orang yang aktif dapat berkeringat sangat banyak dalam sehari, dan jika tidak diganti dapat menyebabkan dehidrasi. Tubuh yang mengalami dehidrasi tidak bisa lagi mendinginkan diri dengan berkeringat. Selain itu jika tubuh menjadi lebih panas, aliran darah ke kulit dan keringat dapat berhenti. Dalam hal ini suhu tubuh dapat melonjak.dan sel sel otak bisa mengalami kerusakan permanen
Hipertamia adalah istilah untuk kondisi tubuh yang mencapai suhu tinggi yang tidak normal. Ini terjadi ketika berbagai mekanisme pengatur panas gagal mengatasinya. Jika suhu tubuh naik menjadi sekitar 38 derajat celcius, otak memerintahkan otot untuk melambat, dan timbul kelelahan. Gejala kelelahan panas juga termasuk pusing, gangguan penglihatan, rasa haus yang intens,mual, jantung berdebar dan mati rasa. Jika suhu tubuh tidak di turunkan kondisi heat exhaustion dapat memburuk menjadi heatstroke. Heatstroke yang terjadi pada suhu 40 derajat celcius. Gejalanya meliputi kulit kering panas dan disfungsi mental. Jika tidak diobati, sengatan panas, dapat menyebabkan kejang, koma bahkan kematian. Sunburn pada kulit disebabkan oleh paparan berlebihan terhadap sinar ultraviolet matahari. Semakin tubuh terkena serangan matahari besar kemungkinan seseorang menderita kanker kulit, gunakan lengan panjang jika pergi keluar rumah untuk mengindari paparan berlebihan terhadap sinar ultraviolet matahari.
Untuk mengatasi suhu panas berlebihan selain minum air kelapa, dan air hangat, konsumsi sarang burung walet dan cincau hitam dapat mengatasi itu. Masyarakat tionghoa biasa minum Lo Han Kuo untuk suhu panas seperti sekarang ini. Untuk mendinginkan suhu tubuh.
Cincau hitam bagus untuk dikonsumsi disaat cuaca ekstrem seperti ini.
Cincau hitam Tanaman ini disebut sebagai xiān cǎo habitatnya daerah jurang, berumput, daerah kering dan berpasir. Termasuk dalam genus Platostoma dari keluarga Lamiaceae .umumnya tumbuh di Asia Timur seperti Tiongkok Tenggara dan Taiwan.
Daun dan batang tanaman dikeringkan dan dioksidasi, mirip seperti teh, kemudian diolah menjadi mirip agar-agar. Ekstrak tumbuhan cincau hitam, dalam penelitian praklinis, diperkirakan memiliki khasiat anti-diabetes, anti-kanker, dan anti-diare, oleh karena tumbuhan ini memiliki sifat antioksidannya yang kuat. Bisa melawan radikal bebas. Cincau hitam mengandung vitamin, mineral serta senyawa aktif seperti flavonoid, polifenol dan saponin.
Cincau hitam terbukti bermanfaat untuk melindungi sel beta di pankreas, sel beta adalah sel yang memproduksi insulin, mengontrol gula darah dan mengurangi resiko diabetes tipe 2.
Cincau hitam juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi(hipertensi). Cincau hitam disebut juga daun janggelan yang menjadi bahan dasar cincau hitam dapat menurunkan tekanan darah(hipertensi).senyawa bioaktif di dalamnya berperan menjadi angiotensin receptor blokers(ARB) yang membantu mempercepat pembentukan urine.
Cincau hitam dapat menurunkan demam, penurun panas badan, obat sakit perut hingga obat diare
Cincau hitam menurunkan kadar kolestrol karena memiliki serat larut air. Zat antinutrisi berupa tanin didalamnya bekerja untuk menurunkan kadar kolestrol total. Cincau hitam dapat melawan kanker dan tumor karena cincau hitam memiliki anti oksidan. Juga dapat meningkatkan sistem imunitas. Itulah manfaat cincau hitam