Regional

BKOW Jabar Mengadakan Konsolidasi Organisasi dan Sosialisasi Kebangsaan.

Pangandaran.Swara Jabbar Com.-Badan Koordinasi Organisasi Wanita (BKOW) Provinsi Jawa Barat mengadakan Konsolidasi Organisasi dan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dengan Tema” Bersatu dalam Kebhinekaan Menjaga Persatuan Sebagai Pusat Kekuatan Bangsa Indonesia” yang berlangsung di Kabupaten Pangandaran 5-6 Juli 2023.

 

Ketua Badan Koordinasi Organisasi Wanita (BKOW) Provinsi Jawa Barat Dra.Hj.Euis Julaeha Sahidin, S.Ip., MBA.mengatakan Kegiatan Konsolidasi Organisasi dan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan ini diikuti oleh 73 Organisasi yang bernaung di Badan Koordinasi Organisasi Wanita(BKOW) Provinsi Jawa Barat serta perwakilan dari 27 Kabupaten/Kota.

 

Konsolidasi Organisasi dan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan ini menghadirkan narasumber dari Perwakilan Kesbangpol Jawa Barat, Ketua Umum Dewan Harian Daerah (DHD) Badan Pembudayaan Kejuangan (BPK) 45 Jawa Barat.Letjen TNI (Purn) Yayat Sudrajat. Anggota DPD RI Eni Sumarni, Ketua Teknis Penyelenggaraan KPU Provinsi Jawa Barat dan Akademisi ujar Hj.Euis Julaeha Sahidin.

 

Lebih jauh, Hj.Euis Julaeha Sahidin,menuturkan “Zaman saat ini, bangsa kita dihadapkan pada tantangan internal maupun global sangat komplek. Dinamika perubahan sosial dan politik yang berkembang akhir-akhir ini berpotensi untuk ditunggangi isu-isu global, sehingga dapat mempengaruhi nilai-nilai budaya dan jati diri bangsa”.

 

“Melalui acara ini kita berupaya untuk melawan pengaruh-pengaruh dari dalam dan luar, memberikan pemahaman kepada peserta dan kita semua tentang pentingnya wawasan kebangsaan dan bela negara, kesamaan persepsi dalam memaknai kehidupan berbangsa dan bernegara, memupuk kesadaran membangun kehidupan bersama atas dasar persamaan hak dan kewajiban,serta pembentukan cara pandang yang sehat tentang masa depan bangsa” ujar Hj.Euis Julaeha Sahidin.

 

Ketua Umum Dewan Harian Daerah (DHD) Badan Pembudayaan Kejuangan (BPK) 45 Jawa Barat.Letjen TNI (Purn) Yayat Sudrajat. memaparkan, “ bela negara adalah, sikap dan prilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, dalam menjamin kelangsungan hidup dan bernegara. Tiga prinsip dasar bela negara yaitu, menjaga kedaulatan negara, menjaga keutuhan wilayah, dan menjaga keselamatan bangsa”, paparnya.

 

Perwakilan Kesbangpol Provinsi Jawa Barat selaku narasumber menjelaskan, 4 Pilar Kebangsaaan Indonesia yaitu; Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, Undang – Undang Dasar 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) Pungkasnya. (die)