Parlementaria

Hj.Elin Suharliah Mendorong Minat Membaca di Masyarakat.

Bandung.Swara Jabbar  Com.-Meningkatkan minat baca di kalangan masyarakat dirasa penting karena minat baca masyarakat Indonesia tergolong rendah. Padahal dengan membaca banyak sekali pengetahuan dan wawasan yang bisa diperoleh.

Meningkatnya minat baca tidak terlepas dari apa bahan bacaan serta apa manfaat dari topik yang dibaca tersebut. Manfaat membaca banyak sekali. Dengan membaca manusia mengetahui serta mengerti huruf dan kata, mengerti arti dari kata, mengetahui rangkaian kata menjadi kalimat, memahami arti dari kalimat. Dan yang paling utama, orang bisa mendapatkan ilmu, pengetahuan, wawasan, serta bisa memberikan respon terhadap dinamika yang terjadi di sekelilingnya.

Ada banyak sekali media untuk memperoleh bahan bacaan. Buku, jurnal, majalah, koran, dan yang sangat milenium adalah e-book adalah diantaranya. Jenis-jenis bacaan juga sangat beragam. Mulai dari jurnal ilmiah, buku text book, komik, dan lainnya.Namun berdasarkan data, minat baca warga Indonesia masih sangat rendah Hal ini dikatakan Anggota Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat Hj.Elin Suharliah.

Lebih Jauh, Legislator PDI Perjuangan Hj.Elin Suharliah Asal Dapil Jabar III (Kabupaten Bandung Barat) mengatakan Rendahnya minat baca masyarakat Indonesia sendiri dipengaruhi oleh berbagai faktor. Beberapa masalah yang mendorong rendahnya keinginan untuk membaca antara lain yaitu :Produksi buku dan bahan bacaan rendah.,Buku yang diminati berharga mahal.,buku dan bahan bacaan terkesan tidak menarik, Buku yang tersedia menggunakan bahasa yang sukar dimengerti, Kehadiran bahan bacaan lain yang lebih menghibur, misalnya komik., Pelajar, mahasiswa dan sebagian besar masyarakat Indonesia lebih memanfaatkan media sosial dibandingkan membaca buku, Kurang penekanan dan penjelasan dari orang tua maupun guru tentang pentingnya membaca buku.ujar Hj.Elin Suharliah.

Adanya masalah-masalah tersebut menjadi tugas bagi Pemerintah selaku pembuat program dan kebijakan. Selain itu guru, dosen, perpustakaan sebagai lembaga baca, maupun orang tua juga seharusnya berperan aktif agar minat baca pelajar serta masyarakat tumbuh dan berkembang.

Lalu seperti apa kiranya strategi untuk menumbuh kembangkan minat baca tersebut yaitu Orang Tua dan Guru Mengambil Peran Memahamkan Siswa Giat Membaca, Perpustakaan Lebih Inovatif menyediakan Bahan Bacaan, Perpustakaan, Kerjasama Pemerintah, Penulis, dan Publisher membuat buku bacaannyang menarik, Program Event Pameran Buku Murah, mengadakan Lomba Minat baca Reguler, Membentuk Forum dan Komunikasi Literasi dan Beri Penghargaan Pembaca Terbaik Reader Of The Month dan Reader Of The Year. Program Penulis Terbaik, Bangun Gerakan Giat Membaca serta Undang Penulis Nasional atau tokoh Berpengaruh Dalam Sosialisasi Gerakan Membaca. Pungkas Hj.Elin Suharliah.(AP)