Regional

19 Juni 2023. Hari Ayah Internasional

Bandung.Swara Jsbbar Com.-

Oleh Jeremy Huang Wijaya

凡敬畏耶和华,遵行他所指示的道而生活的,这人便为有福!
当你吃到你的双手时,你会很高兴,这对你来说会很好!
Fán jìngwèi yēhéhuá, zūnxíng tāsuǒ zhǐshì de dào ér shēnghuó de, zhè rén biàn wèi yǒufú!
Dāng nǐ chī dào nǐ de shuāngshǒu shí, nǐ huì hěn gāoxìng, zhè duì nǐ lái shuō huì hěn hǎo artinya Berbahagialah setiap pria yang takut akan TUHAN, yang hidup menurut jalan yang ditunjukkan-Nya!
Apabila engkau memakan hasil jerih payah tanganmu, berbahagialah engkau dan baiklah keadaanmu!

Setiap saya mendengar lagu ayah ciptaan Rinto Harahap. Air mataku membasahi pipiku. Teringat almarhum ayahku Oey Beng Hwat yang meninggal 18 Maret 1992 disaat saya baru selesai dari Sekolah Alkitab Tawangmangu. Saya belum bisa membalas jasa ayah.

Hari ini 19 Juni 2023 diperingati hari ayah Gereja Hok Im Tong Taman Holis Bandung memperingati hari ayah internasional. Air mataku menetes membasahi pipi teringat ayahku Oey Beng Hwat yang meninggal 19 Juni 2023.kesedihan yang kurasakan tidak dapat merayakan hari ayah bersama ayahku.

Hari Ayah atau Father’s Day (dalam bahasa Inggris) dirayakan pada hari Minggu di pekan ke tiga bulan Juni, dan dirayakan hampir di seluruh dunia yang dimulai pada awal abad ke-12. Biasanya Hari Ayah dirayakan dengan pemberian hadiah kepada ayah dan kegiatan kekeluargaan. Selain semua itu juga Ayah adalah tulang punggung, sandaran, dan pelindung dalam sebuah rumah tangga. Seperti ada pepatah 人年轻时负一轭是好的。
Rén niánqīng shí fù yī è shì hǎo de. Artinya Adalah baik bagi seorang pria memikul kuk pada masa mudanya. Memikul kuk artinya kerja keras memikul tanggung jawab. Jika sebelum menikah sudah kerja keras maka di saat menikah kesuksesan yang akan dia dapatkan.

Hari Ayah Sedunia pertama kali diusulkan oleh Sonora Smart Dodd dari Spokane, Washington, Amerika Serikat tahun 1909. Usulan Sonora untuk adanya peringatan hari ayah karena Sonora teringat Ayahnya bernama William Jackson Smart, adalah seorang veteran perang sipil yang menjadi orang tua tunggal dan membesarkan enam orang anaknya.termasuk Sonora.

Awal mulanya, pada tahun 1909, Sonora sedang mendengarkan khotbah tentang Hari Ibu di Gereja Episkopal Metodis Pusat. Setelah mendengar khotbah tersebut, sebagai seorang anak yang hanya punya ayah karena ibunya sudah meninggal, Sonora pun mengusulkan kepada pendetanya bahwa Hari Ayah juga harus diperingati sebagaimana kita memperingati Hari Ibu.

Sonora menyarankan untuk merayakan Hari Ayah setiap tanggal 5 Juni karena hari itu merupakan hari ulang tahun ayahnya. Namun, para pendeta dari Spokane Ministerial Alliance tidak punya cukup waktu untuk mempersiapkan khotbah mereka, sehingga perayaan tersebut akhirnya ditunda hingga hari Minggu ke-3 di bulan Juni. Hari Ayah Sedunia pun pertama kali dirayakan di Spokane pada hari Minggu ke-3 bulan Juni tahun 1910, yang pada saat itu jatuh pada tanggal 19 Juni

Apa kata Kong Hu Cu tentang seorang pria?
Kata Kong Hu Cu, bagi seorang pria, integritas adalah saripati; dia meletakkan dan memberlakukan aturan aturan kepantasan, kerendahan hati adalah cara dia melangsungkan ketulusan hati adalah cara dia mengembangkan. Sungguh itulah yang dimaksud pria sejati.
Menurut Kong Hu cu

Pria memuja tiga hal, dia mengagungkan mandat dari langit, dia memuliakan orang kecil, dan menghormati kata kata orang bijaksana.

Kong Hu Cu juga berpendapat Menurut Kong Hu Cu Seorang Pria harus berperilaku pantas, kemudian dia berbicara, sehingga kata katanya mengikuti tindakannya.
Itulah syarat pria untuk menjadi seorang ayah yang baik