Regional

KADES YUDI BIKIN PROGRAM BANTUAN UNTUK KEMATIAN

Sumedang, Swara  Jabbar Com.-Lain koki lain masakan. Peribahasa ini berlaku untuk estafet kepemimpinan di Pemerintahan Desa Situraja Utara. Kades Situraja Utara sekarang, Yudi Mardina, tampaknya sangat perhatian untuk membantu warganya yang meninggal. Ia buat satu kebijakan, turunkan bantuan untuk pembelian alat pemusaraan jenajah. Seperti untuk asiwung boeh dan padung. Bahkan, disediakan pula ambulan gratis bagi pasien meninggal di rumah sakit.

Kades Yudi merasakan bagi Si Miskin kehadiran papait itu kadang dalam keadaan tidak nemiliki biaya untuk pemusaraannya, “ Banyak diantaranya yang gugulayapan cari uang pinjaman. Nah, kita cari solusi untuk membantu menyediakan kebutuhan untuk pembelian boeh asiwung padung. Bantuan itu, diharapkan bisa membantu keluarga yang ditinggalkan,” ungkap Yudi.

Anggaran untuk itu, kata Kades, diambil dari PAD Desa Situraja Utara. Adapun sektor PAD yang paling berperan dalam menunjang program tersebut, diantaranya kontribusi dari pasar. Pasar Situraja dikelola dua desa. Desa Situraja dan Desa Situraja Utara. Untuk turut mendorong perekonomian di desanya, Kades sangat mewajibkan bila boeh asiwung padung itu dibeli oleh Pemdes dari warga yang menjual kepetluan itu, “Jadi, kita tidak membelinya dari luar desa. Tetao, memberdayakan pengusaha di Desa Situraja Utsra,” terang kades.

Karena PAD menjadi titik kunci untuk program pembangunan yang tidak bisa tercover dari bantuan rutin yang selama ini desa terima, Kades Yudi ingin terus menggenjot tambahan PAD. Meskipun, dari sektor pasar saja, PADnys rata-rata pada kisaran Rp. 209 juta,” Kita akan bisa cari tambahan PAD dari pengelolaan sampah.” Kara Kades.

Pengelolaan sampah telah berjslan. Sampah dikumoulkan dari masyarakat, “ Hanya, kita terkendala untuk pembuangan akhirnya tidsk terkelola. Kita telah coba cari bantuan ke kabupaten, provinsi dan pusat untuk pembangunan TPS3R. Mudah-mudahan bantuan tersebut segera turun. Karena kita disini, memang sangat membutuhkan.” Kata Yudi. ( Tatang Tarmedi )