Ekonomi

Sepinya Perdagangan

Cirebon.Swara Jabbar Com.-

Oleh Jeremy Huang

领导者就是倾听人民呼声,提供解决方案,让人民走向富裕
Lǐngdǎo zhě jiùshì qīngtīng rénmín hūshēng, tígōng jiějué fāng’àn, ràng rénmín zǒuxiàng fùyù artinya pemimpin adalah mendengar suara rakyat dan memberikan solusi, membawa rakyat kepada kesejahteraan.

Krisis ekonomi global dunia belum berakhir meskipun pandemi akibat Covid 19 telah berakhir Tgl 30 Juni 2023 Hati saya sedih ketika jalan jalan di Siliwangi, Pekiringan, Pagongan, Karanggetas, Parujakan dan Pekalipan di kota Cirebon, karena sepinya toko toko disana padahal ini adalah long Weekend karena cuti bersama.
Semasa saya kecil sampai dewasa tahun 1975- 2007 jalan Pekiringan, Pagongan, Pekalipan, Parujakan adalah daerah ramai banyak transaksi perdagangan disana.

Dulu saya tinggal di Pagongan selain daerah perdagangan juga tempat kuliner disana, karena selain adanya nasi lengko, nasi jamblang, nasi kuning, di Pagongan juga ada pabrik kecap matahari.

Saya di traktir makan oleh Agus Ono di Citra Land Cirebon bertemu kawan kawan pengusaha di Cirebon. Mereka mengeluhkan sepinya perdagangan. Konon kata mereka sepinya perdagangan jauh melebihi sebelum terjadinya Covid 19
Di Bandung juga beberapa pusat perbelanjaan mengeluhkan hal yang sama yaitu menurunnya transaksi penjualan.
Dikutip dari CNBC 22 Juni Bank Indonesia (BI) mengungkapkan ketidakpastian perekonomian global kembali meningkat dengan kecenderungan risiko pertumbuhan yang lambat dan kebijakan suku bunga moneter di negara maju yang lebih tinggi.

Gubernur BI Perry Warjiyo menjelaskan, pertumbuhan ekonomi global diperkirakan mencapai 2,7% (year on year/yoy), dengan risiko perlambatan terutama Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok atau China.

“Di AS tekanan inflasi masih tinggi terutama karena keketatan pasar tenaga kerja, di tengah kondisi ekonomi yang cukup baik dan tekanan stabilitas sistem keuangan (SSK) yang mereda, sehingga mendorong kemungkinan Federal Funds Rate (FFR) ke depan,” jelas Perry Warjiyo dalam konferensi pers, Kamis (22/6/2023)

Di China seperti dikutip CNBC Momentum ekonomi masih cukup lemah di China. Data terbaru menunjukkan ekonomi global melambat, yang kemungkinan akan memberikan tekanan lebih lanjut terhadap permintaan eksternal dalam beberapa bulan mendatang,” kata Presiden dan Kepala Ekonom Pinpoint Asset Management, Zhang Zhiwei, dilansir CNBC International, dikutip Jumat (30/6/2023)

Masih tarik-menariknya antara Amerika Serikat (AS) dan China, kata Perry juga yang membuat ekspor China ke AS melambat, sehingga daya dorong ekonomi yang dulu sangat tergantung dari luar negeri itu juga tidak sekuat yang diperkirakan

Dikutip dari detik. Com 27 Juni 2023 Juru Bicara Kementerian Perindustrian, Febri Hendri Antoni Arif mengungkapkan, saat ini sejumlah industri di subsektor tekstil masih dalam keadaan babak belur. Hal ini terjadi justru di tengah tren kenaikan di industri tersebut.

“Kami menyatakan bahwa subsektor tekstil masih suffer,” kata Febri, dalam Perilisan Survei Indeks Kepercayaan Industri (IKI) edisi bulan Juni 2023, di Kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta Selatan, Senin (27/6/2023).
Dari data diatas berharap para elite parpol, dan para caleg untuk mengadakan dialog dengan rakyat kecil.
Selama ini pertemuan para elite parpol dengan rakyat kecil hanya monolog tidak ada dialog, bahkan ada elite parpol hanya bernyanyi dan main gitar harusnya elite parpol banyak memberikan kesempatan kepada rakyat kecil untuk curhat keluh kesah rakyat kecil dalam pertemuan pertemuan.

Berharap UU Sita Asset bagi koruptor dapat disahkan oleh anggota DPR RI sekarang supaya uangnya dapat digunakan untuk kesejahteraan rakyat kecil.