Parlementaria

Tia Fitriani Menilai Keberadaan UMKM Memiliki Peran Penting.

Bandung.Swara Jabbar Com.-Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Dra.Hj Tia Fitriani menilai keberdaan UMKM di Jawa Barat Khususnya di Kabupaten Bandung memiliki peran penting.

 

Pemerintah masih sedang berusaha untuk pemulihan perekonomian salah satunya Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) maka itu kami gandeng dinas terkait dalam reses untuk menyampaikan programnya agar lebih tepat sasaran dan langsung ditindak lanjuti ketika ada susulan bantuan-bantuan, tetapi bantuan itu tidak bisa berupa uang tapi bantuan itu adalah berupa pelatihan dan berupa peralatan jadi tidak ada lagi yang namanya bantuan keuangan.”, ujarnya.

 

Legislator Partai NasDem Tia Fitriani Asal Dapil Jabar II (Kabupaten Bandung) mendorong pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai motor penggerak pertumbuhan ekonomi dan pemulihan ekonomi di Jawa Barat.Diharapkan ke depan dukungan terhadap UMKM terus ditingkatkan.

 

“Ke depan, Provinsi Jawa Barat bisa menumbuhkan UMKM-UMKM agar bergerak kembali. Mengingat, UMKM memiliki peranan penting dalam menyerap tenaga kerja dan berkontribusi terhadap produk domestik bruto (PDB) nasional,” ungkap Tia Fitriani.

 

UMKM merupakan tulang punggung bagi perekonomian nasional dengan menghasilkan 60 persen dari PDB. Karena itu, upaya dan dukungan pemerintah sangat penting untuk membantu UMKM bertahan di masa pandemi.

 

Lebih jauh, Tia Fitriani yang duduk di Komisi II (Kabupaten Bandung ) mengatakan, sebelum pandemi, Jawa Barat telah memberlakukan beberapa peraturan perundang-undangan terkait UMKM, e-commerce dan ekonomi digital yang terbukti efektif dalam melindungi sektor strategis di masa pandemi.

 

Ia juga mendorong pemerintah terus mengoptimalkan kebijakan stimulus yang telah dikeluarkan untuk menjaga momentum percepatan pemulihan ekonomi yang sudah mulai terlihat. Termasuk stimulus untuk mempercepat pemulihan di sektor pariwisata, sebagai salah satu sektor paling terdampak pandemi. Bangkitnya pariwisata dinilai akan berdampak positif pada UMKM Jawa Barat Pungkas Tia Fitriani (AP)