Parlementaria

Legisalator NasDem Hj.Tia Fitriani Mendorong Kemandirian Pangan Masyarakat.

Kabupaten Bandung.Swara Jabbar Com.-Ketahanan pangan merupakan suatu kondisi terpenuhinya kebutuhan pangan bagi rumah tangga yang tercermin dari tersedianya pangan secara cukup, baik dari jumlah maupun mutunya, aman, merata, dan terjangkau.

Kondisi ketahanan pangan harus memenuhi 4 (empat) komponen, yaitu : Kecukupan ketersediaan bahan pangan, Stabilitas ketersediaan bahan pangan tanpa fluktuasi dari musim ke musim atau dari tahun ke tahun, dan Aksesibilitas/keterjangkauan terhadap bahan pangan.Hal ini dikatakan Anggota Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat Hj.Tia Fitriani.

Lebih jauh, Legislator Partai NasDem Hj.Tia Fitriani asal dapil Jabar II (Kabupaten Bandung) menuturkan mendorong Indeks ketahanan pangan melalui kemandirian pangan masyarakat, hal iniĀ  dilakukan denganĀ  bertujuan untuk meningkatkan ketahanan pangan keluarga dengan memanfaatkan sekecil apapun pekarangan rumah.

Menurut Hj. Tia Fitriani dengan media Hidroponik masyarakat bisa menanam berbagai sayuran atau memelihara ikan yang nantinya bisa dikonsumsi rutin oleh keluarga. “Atau kalau punya halaman bisa ternak ayam dan telur atau tanaman cabai, kangkung dan lainnya,” katanya.

 

Masyarakat tidak bisa terus mengandalkan pemerintah yang memiliki keterbatasan dalam penyediaan pangan. “Bantuan pemerintah tidak selalu ada, maka masyarakat khususnya level keluarga harus berdaya mandiri untuk ketahanan pangan, contohnya memanfaatkan sekecil apapun pekarangan,” Tutup Hj.Tia Fitriani. (AP)