Parlementaria

Sekretariat DPRD Jabar Adakan Apel Pagi, Arip Ahmad Ripai Ingatkan BerAKHLAK

Bandung.Swara Jabbar Com.-Sekretariat DPRD Jawa Barat kembali melaksanakan apel pagi, Senin (17/7/2023) yang dilaksanakan di halaman depan Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Jabar.

 

Apel pagi hari ini dipimpin oleh Kepala Bagian (Kabag) Program dan Keuangan Sekretariat DPRD Jawa Barat Arip Ahmad Ripai, dan diikuti oleh pejabat struktural, fungsional serta pegawai Sekretariat DPRD Jawa Barat.

 

Dalam apel pagi, Arip Ahmad Ripai mengingatkan soal core values atau nilai-nilai dasar BerAKHLAK akronim dari berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif dan kolaboratif.

 

“Pemerintah telah mencanangkan nilai-nilai dasar BerAKHLAK. Sebagai pegawai di Sekretariat DPRD Jawa Barat kita memberikan pelayanan, memfasilitasi dewan. Kita harus memahami dan menerapkan nilai-nilai dasar BerAKHLAK ini,” tutur Arip Ahmad Ripai dalam apel pagi, Bandung, Senin (17/7/2023).

 

Nilai dasar BerAKHLAK yang harus dipahami dan diterapkan tersebut diantaranya, pertama, berorientasi pelayanan yakni memahami dan memenuhi kebutuhan masyarakat. Ramah, cekatan, solutif dan dapat diandalkan, melakukan perbaikan tiada henti.

 

Kedua, akuntabel yakni; melaksanakan tugas dengan jujur, bertanggung jawab, cermat, serta disiplin dan berintegritas tinggi, menggunakan kekayaan dan barang milik negera secara bertanggung jawab, efektif dan efisien, tidak menyalahgunakan kewenangan jabatan.

 

Ketiga Kompeten, meningkatkan kompetensi diri untuk menjawab tantangan yang selalu berubah, membantu orang lain belajar, melaksanakan tugas dengan kualitas terbaik. Keempat harmonis, menghargai setiap orang apapun latar belakangnya, suka menolong orang lain, membangun lingkungan kerja yang kondusif.

 

Berikutnya kata Arip Ahmad Ripai (keempat) loyal, memegang teguh ideologi Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara RI Tahun 1945, menjaga nama baik sesama ASN, pimpinan, instansi dan negara, serta menjaga rahasia jabatan dan negara.

 

“Adaptip (kelima) cepat menyesuaikan diri menghadapi perubahan, terus berinovasi dan mengembangkan kreativitas, bertindak proaktif. Salah satu contohnya, sebagai pegawai kita harus adaptip terhadap rotasi, kemana dan dimana pun,” kata Arip Ahmad Ripai.

 

“Adaptip (kelima) cepat menyesuaikan diri menghadapi perubahan, terus berinovasi dan mengembangkan kreativitas, bertindak proaktif. Salah satu contohnya, sebagai pegawai kita harus adaptip terhadap rotasi, kemana dan dimana pun,” kata Arip Ahmad Ripai.

 

“Kolaboratif ini diperlukan, kalau saling membantu, berkolaborasi, saling memudahkan dalam pekerjaan akan jauh lebih efektif, efisien dalam melaksanakan pembangunan, pemerintahan,” ucap Arip Ahmad Ripai.

 

Selain mengingatkan soal nilai-nilai dasar BerAKHLAK, Arip Ahmad Ripai pun mengajak pegawai khususnya yang beragama Islam untuk melaksanakan salah satu kewajiban umat Islam yakni, salat.

 

“Sebagai insan yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, kita sebagai muslim diwajibkan untuk salat. Salat jangan sampai ditinggalkan karena sibuk, jadikanlah salat sebagai permintaan long dan sabar,” ucapnya.(adv)