Regional

Situs Persada Soekarno, menyimpan Dua Pusaka Milik Soekarno akan dijamas

Kediri.Swara Jabbar Com.-Dua pusaka milik Proklamator RI Soekarno yang tersimpan di ruang pusaka Situs Persada Soekarno di Desa Pojok Kecamatan Wates Kabupaten Kediri pada bulan Syuro ini akan dijamas.

Dua pusaka berwujud keris dan tombak Kyai Gadakan ini akan dijamas oleh empu keris dari Blitar.

Kus Hartono pengelola dan pengurus Situs Persada Soekarno di Desa Pojok Wates Kabupaten Kediri menjelaskan dua pusaka milik Presiden I Indonesia ini merupakan piandel dan andalan Soekarno.

Karenanya butuh orang khusus dan perlakuan khusus untuk dua pusaka ini.

” Tetap kita perhatikan dan sebagai orang Jawa selalu ngugemi dan melestarikan budaya jawa di bulan Syuro dan jamasi pusaka,” katanya.

Ditambahkan Kus Hartono, jamasan pusaka juga untuk 20 pusaka milik eyang buyut Kus Hartono yang tersimpan di situs persada Soekarno. Beberapa nama keris pusaka adalah Kyai Tundung Musuh, Kyai Sengkelat dan Kyai Pamengkang Jagad.

“Kita juga jamasi Arca Ganesha yang ada di ruang dalam Situs Persada Soekarno.Ini juga bagian pelestarian budaya leluhur dan rutin kita jamasi setiap datangnya bulan Syuro,” katanya.

Kus Hartono menjelaskan bahwa nenek moyang pada masanya telah memiliki teknologi canggih dengan pemahaman tentang logam dan besi.

Menurut Kus Hartono keris yang dibuat nenek moyang ada 5000 lipatan dan dibuat sedemikian rupa sebagai sebuah piandel.

“Selayaknya kita hargai dan hormati nilai budaya Keris ini dan mendukung Kediri Berbudaya. Saat ini kita perlu edukasi generasi milenial agar paham keris dan melestarikan,” imbuhnya.**