Parlementaria

Melalui Aplikasi Smart Parlemen, Sekretariat DPRD Jabar Wujudkan Tertib Administrasi

Bandung.Swara Jabbar Com.-Dalam mewujudkan tertib administrasi yang langsung bisa dipublish Sekretariat DPRD Jawa Barat pada tahun 2023 ini, akan meluncurkan aplikasi Smart Parlemen, aplikasi yang luar biasa yang kesemuanya diperuntukkan untuk DPRD.

Demikian dikemukakan Analis Kebijakan Ahli Muda Sekretariat DPRD Jabar, Irma Rahmawati S.Sos, MM. saat ditemui TWEETUP.ID  di ruang kerjanya di Lantai IV Gedung DPRD Jabar . Jumat (21/7).

“Aplikasi itu luar biasa, kalau kami lihat, semuanya diperuntukkan untuk Dewan baik perjalanan dinas, gaji, ataupun yang lain. Bila aplikasi itu bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan, di Sekretariat DPRD Jabar pasti akan terwujud aplikasi yang sifatnya tertib secara administrasi.” katanya

Aplikasi yang akan dilaunching Seketariat DPRD Jabar pada tahun 2023 ini, punya beberapa modul, modul-modul tersebut kesemuanya urgen, e-budgeting, e-notulen, e-reses, e-jardin (perjalanan dinas), e-asset dan e-upgrading mana yang nanti akan dipilih, belum bisa ditentukan sekarang.” ungkapnya.

Selama ini kita tahunya satu aplikasi untuk satu kegiatan, tetapi aplikasi ini tidak. Ada beberapa pekerjaan yang bisa digarap.

Candidat Doktor di Universitas Pasundan ini menyebut, Inovasi aplikasi Smart Parlemen yang dilakukan oleh Seketariat DPRD Jabar, merupakan bagian dari upaya mendukung tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) Sekretariat DPRD Jawa Barat untuk menyelenggarakan dan mendukung tugas dan fungsi DPRD, serta menyediakan dan mengkoordinasikan tenaga ahli yang diperlukan oleh DPRD, sesuai dengan kemampuan keuangan daerah.

Sebagaimana diketahui, dalam menjalankan Tupoksinya, Sekretaris DPRD Jabar dibantu oleh empat kepala bagian yaitu Kepala Bagian Persidangan dan Perundang-undangan, Kepala Bagian Fasilitasi Penganggaran dan Pengawasan (Fasgarwas), Kepala Bagian Umum, dan Kepala Bagian Program dan Keuangan serta para Pejabat Fungsional (die)