Parlementaria

H,.Aep Nurdin : Sektor Pertanian Memiliki Fungsi Strategis

Kab Bandung Barat.Swara Jabbar Com.-Jawa Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia dengan potensi pertanian besar dan variatif. Sektor pertanian Provinsi Jawa Barat memiliki fungsi strategis sebagai lumbung pangan nasional dan menjadi penopang kebutuhan bahan pangan pokok terbesar di Indonesia khususnya padi/ beras. Sektor pertanian Provinsi Jawa Barat juga memiliki andil terbesar dan menjadi salah satu basis perekonomian terbesar di Provinsi Jawa Barat.

Usaha pertanian perorangan ini adalah keluarga pengelola usaha pertanian dan menanggung resiko usaha, bukan buruh pertanian.Semua prestasi di atas didukung oleh sektor pertanian. Akan tetapi, sektor pertanian ini juga sering kali menjadi lumbung kemiskinan.

 

Oleh karena itu pemerintah perlu menciptakan strategi jitu dalam rangka pembangunan ekonomi daerah dengan memanfaatkan potensi pertanian lokal sekaligus meningkatkan taraf hidup para petani itu sendiri.Hal ini dikatakan Anggota Komisi III DPRD Provinsi Jawa Barat H.Aep Nurdin

 

Lebih jauh Legislator PKS H.Arep Nurdin menuturkan Dari sisi penyerapan tenaga kerja, sektor pertanian juga mampu menyerap tenaga kerja tertinggi dibanding sektor industri yang membutuhkan keahlian, ataupun sektor jasa yang membutuhkan keterampilan khusus.

 

Oleh karena itu, pemerintah daerah harus menaruh perhatian lebih pada sektor pertanian ini. Memberdayakan sektor pertanian dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi (pro growth).

Ini sekaligus pemberdayaan masyarakat (pro poor) atau biasa disebut pertumbuhan ekonomi inklusi sehingga berdampak nyata pada penurunan kemiskinan dan kemiskinan ekstrim ujarnya.

Penyerapan tenaga kerja/menurunkan pengangguran. Sektor pertanian adalah lumbung penyerapan tenaga kerja, karena segala usia dan dengan tingkat pendidikan/keterampilan apapun tetap bisa masuk di dalamnya.

Pemerintah daerah tentu saja harus tetap berfokus pada peningkatan pendidikan formal bagi generasi muda serta peningkatan keterampilan/modernisasi bagi petani segala usia tutupnya H.Aep Nurdin. (AP)