TNI

Menjawab keluhan Masyarakat terkait Air, Kasad Resmikan Program TNI AD Manunggal Air

Kab. Lebak.Swara Jabbar Com.-Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo S.I.P., mendampingi Kasad Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman meresmikan Program TNI AD Manunggal Air yang tersebar di seluruh Indonesia, Selasa (25/07/2023).

Peresmian program TNI AD Manunggal Air yang tersebar seluruh Indonesia terasa istimewa karena langsung diresmikan oleh Kasad dengan disaksikan secara virtual di seluruh Indonesia yang dilaksanakan di Lapangan Lebak Sangka Desa Lebak Gedong Kec. Lebak Gedong Kab. Lebak.

Terdapat 1.345 titik sumber air yang tersebar seluruh Indonesia, namun dalam hal ini wilayah Kab. Lebak mendapat keistimewaan karena diresmikan secara langsung oleh Kasad dengan disaksikan secara virtual, dimana 277 titik diantaranya terhubung langsung dengan Kasad melalui video conference.

Nampak masyarakat sangat antusias dalam menyambut kehadiran Kasad serta Pangdam III/Slw di lokasi peresmian. Bahkan masyarakat banyak yang meminta untuk berfoto bersama dengan Kasad maupun Pangdam III/Slw.

Sementara itu, peresmian Program TNI AD Manunggal Air dimulai dengan penandatanganan prasasti serta penekanan tombol oleh Kasad sebagai tanda  diresmikannya Program TNI AD Manunggal Air.

Pada kesempatan itu, Kasad Jenderal TNI Dudung mengatakan program TNI manunggal air bersih yang dicanangkan dirinya di awal-awal menjabat sebagai Kasad adalah bentuk pengejawantahan dari pesan dan perintah Presiden RI.

“Ada perintah dan pesan yang harus dilaksanakan dari bapak Presiden kita. Beliau menyampaikan pasca Covid-19 banyak yang terdampak ada yang PHK, dan sebagainya. Hal itu berdampak ke masalah kesehatan,” kata Kasad.

“Maka sejahterakan masyarakat Indonesia untuk membantu pemerintah daerah dan sejahterakan prajurit,” sambung Kasad.

Sejak menerima perintah itu, Kasad menuturkan dirinya mengeluarkan 7 perintah harian. Di mana poin ke lima dan ke enam berkaitan dengan masyarakat.

“Sesuai perintah harian saya, TNI harus hadir di tengah-tengah kesulitan rakyat dan menjadi solusi. TNI harus berdampak di manapun bertugas dan ada,” jelasnya.

Lebih lanjut, Jenderal TNI Dudung menjelaskan, air adalah sumber dari segala sumber kehidupan. Karenanya, dirinya menargetkan pembangunan fasilitas air bersih menjangkau seluruh wilayah khususnya wilayah terpencil.

“Target saya, wilayah terkecil yang tak terjangkau pemerintah daerah, TNI harus hadir. Babinsa harus tahu kesulitan rakyatnya. Kita berbakti untuk rakyat tidak perlu mikir,” tegas Jenderal TNI Dudung.

Terakhir Kasad mengucapkan terima kasih kepada seluruh unsur pendukung terkait yang telah membantu program TNI AD, karena semua dilakukan demi rakyat dan bangsa Indonesia sehingga harus  diperjuangkan bersama-sama.

Pada kesempatan tersebut, Kasad juga meresmikan 1 unit Rutilahu yang merupakan rumah milik bapak Oding salah satu warga Desa Lebak Gedong.

Pada areal kegiatan peresmian juga diramaikan dengan berbagai stand kegiatan seperti khitanan masal, pengobatan gratis, stand UMKM Kab. Lebak, Kab. Serang, Kota Serang, Kab. Pandeglang dan Kota Cilegon serta digelar inovasi mesin Filter Nusantara.

Kasad juga memberikan berbagai paket bansos kepada masyarakat yang hadir seperti paket bantuan stunting, paket sembako, paket sembako murah serta bingkisan kepada anak-anak yang telah di khitan. (Pendam III/Siliwangi).