Pemerintahan

Pj Wali Kota Cimahi Resmikan Gebyar Padat Karya di Kelurahan Karangmekar

Cimahi.Swara Jabbar Com.-Pj Wali Kota Cimahi H Dikdik S Nugarahawan resmikan gebyar padat karya di Kelurahan Karangmekar, Selasa (25/7/2023)

Kegiatan padat karya ini sebagai upaya mengatasi masalah kemiskinan dan mengantisipasi banjir serta persoalan lingkungan lainnya.

Hadir dalam acara tersebut, Asisten pemerintah Kesra, Dishub Kota Cimahi, Camat Cimahi Tengah, Lurah Karangmekar beserta jajarannya, Ketua padat karya se Karangmekar, para Ketua RW dan RT, Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta para peserta padat karya.

Dalam kesempatan tersebut Lurah Karangmekar, Atep Kahma Wijaya mengatakan dengan hadirnya program padat karya ini, semoga menciptakan lingkungan yang bersih.

“Dan menjadikan sumber pendapat bagi para penganggur atau setengah penganggur. Semoga kegiatan padat karya ini dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat,”ujar Lurah Karangmekar saat memberikan sambutan di acara peresmian gebyar padat karya di RW 3 Karangmekar, Selasa (25/7/2023.

ementara Pj Wali Kota Cimahi, H Dikdik S Nugrahawan menyampaikan dalam sambutannya dari kegiatan ini ada tiga hal yang diharapkan, yaitu lingkungan menjadi bersih, bisa menambah pemasukan bagi warga yang belum memiliki pekerjaan, dan terjadinya gotong-royong di tengah tengah masyarakat,

“Paling tidak ada tiga hal, pertama Lingkungan menjadi lebih baik, Kedua bisa menambah pemasukan bagi warga yang belum bekerja, Ketiga, terjadi kegotongroyongan dan kekompakan ditengah masyarakat,”tuturnya.

Karena padat karya ini untuk mengurangi tingkat pengangguran, lanjut Dikdik memaparkan maka perlu dilakukan upaya perluasan kesempatan kerja melalui penyelenggaraan padat karya dalam kegiatan pembangunan.

“Dari program padat karya pemerintah pun telah menetapkan kebijakan pengupahan sebagai komitmen dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat,”paparnya.

Sementara, tujuan dari pelaksanaan kegiatan padat karya ini sendiri adalah antara lain untuk menyediakan kesempatan kerja sementara bagi penganggur dan setengah menganggur, meningkatkan partisipasi masyarakat dalam proses perencanaan dan pelaksanaan pembangunan di wilayah rw dan meningkatkan pendapatan bagi penganggur dan setengah menganggur.

Kegiatan padat karya merupakan salah satu usaha kita bersama dalam mempercepat peningkatan kualitas perekonomian, yang mana perekonomian selalui menjadi masalah dengan tingkat urgensi tinggi pada setiap program pemerintah pusat maupun daerah,”paparnya.

Dikdik berharap program padat karya ini dapat terlaksana dengan baik melalui pembinaan, pengawasan dan pengendalian berupa monitoring dan evaluasi secara berjenjang sehingga pengelolaan keuangannya pun dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Saya mohon kepada seluruh pihak untuk bersama-sama mendukung program-program pembangunan di kota cimahi yang berkelanjutan, selalu jalin komunikasi, koordinasi dan sinergi yang baik antara pemerintah daerah dengan masyarakat, demi terwujudnya visi kota cimahi cerdas tahun 2025,”pungkasnya.(hms/difa)