Regional

Diskusi Panel Menyoal Tantangan Indonesia Emas 2045

Bandung.Swara Jabbar Com.-Merayakan Hari Persahabatan Internasional, empat lembaga (Badko HMI Jawa Barat, SDI Jawa Barat, Insan Mengajar, Eduwatch Indonesia) menggelar diskusi panel pada hari Minggu (30/7) kemarin.

Diskusi Panel tersebut mengangkat tema “Quo Vadis Indonesia Emas 2045: Opportunity or Threat?” yang dilaksanakan di Rooftop Gedung DPRD Jawa Barat.

Ketua Pelaksana, Gustian Nur Mauludin menjelaskan tujuan diadakan diskusi tersebut untuk menegaskan peran pemuda menyongsong Indonesia Emas 2045.

“Diskusi ini menjadi penting, mau dibawa kemana Indonesia Emas 2045? Bagaimana cara mencapainya, terkhusus bagaimana pemuda saat ini harus berperan”, kata Gustian.

Dalam diskusi tersebut, Agus Riyanto selaku Ketua Umum PW SDI Jawa Barat menyampaikan tentang penegakan kedaulatan rakyat dalam demokrasi.

“Demokrasi berjalan dengan asas-asas demokrasi dan undang-undang yang berlaku, kedaulatan rakyat dan supremasi hukum. Apabila ini semua berjalan, kita optimis dalam pembangunan, ekonomi, dan pendidikan akan berjalan dengan baik menyongsong Indonesia emas 2045.”

Pendidikan, politik, dan ekonomi dalam cita-cita Indonesia Emas 2045 memang selalu menjadi topik perbincangan hangat. Hal itu juga yang menjadi arah diskusi dalam agenda ini.

Firman Nasution selaku Ketua Umum BADKO HMI Jawa Barat menegaskan tentang kepemimpinan. Menurutnya, pemilihan pemimpin bangsa kedepannya harus memperhatikan aspek moral.

“Pemimpin itu pelanjut perjuangan rasul. Dalam Islam, setiap diri kita adalah pemimpin. Namun untuk pemerintahan, beberapa syarat yang harus dimiliki seorang pemimpin. Diantaranya yaitu pribadi yang memiliki moralitas yang tinggi”, kata Firman.

Santri Agung selaku Sekretaris Jenderal Eduwatch Indonesia menambahkan bahwa pemimpin adalah dia yang lahir dari rahim masyarakat.

“Pribadi pemimpin dalam bernegara ialah dia yang melalui proses-proses panjang di masyarakat, sehingga jelas nanti perjuangannya untuk rakyat” tambah Agung.

Dalam diskusi tersebut adapun hal-hal yang dapat dilakukan untuk menghadapi tantangan mencapai cita-cita Indonesia Emas 2045 yang ada yaitu:

1. Perspektif Pendidikan
Meningkatkan rata-rata lama sekolah akan sangat membantu meningkatkan capaian Indonesia Emas tahun 2045.

2. Perspektif Ekonomi
Sosial media dapat menjadi wadah untuk meningkatkan publisitas dan penjualan produk UMKM. Sehingga dapat membantu perekonomian dalam skala industri kreatif, industri rumah tangga, dalam upaya menjaga ketahanan ekonomi.

3. Perspektif Moral
Suatu bangsa tidak akan maju jika tidak ditopang oleh moralitas masyarakatnya. Seperti sikap toleransi, kerukunan serta kerja-kerja bersama dalam kemasyarakatan.