Nasional

Tokoh Imatabagsel Jawa Barat Mendukung Fadhlansyah Lubis Menjadi PJ Gubernur Sumut

Bandung.Swara Jabbar Com.-Menghadapi pesta demokrasi 5 tahunan di Indonesia yang akan dihelat 2024 mendatang, pemilihan umum (pemilu) akan digelar untuk pemilihan presiden-wakil presiden serta pemilihan gubernur di berbagai daerah di Indonesia.

Salah satu daerah yang akan melaksanakan pemilihan kepala daerah adalah Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Diketahui bahwa masa jabatan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut akan berakhir pada 5 September 2023 mendatang.

Dalam hal berakhirnya masa jabatan Kepala Daerah Provinsi, maka pemerintah pusat melalui Kementerian Dalam Negeri akan memberikan usulan nama Penjabat Gubernur (Pj Gubernur) untuk memimpin daerah sampai dengan penetapan Gubernur dan Wakil Gubernur hasil pemilu dilaksanakan.

Tokoh Ikatan Mahasiswa Tapanuli Bagian Selatan (Imatabagsel) di Jawa Barat, Firman Nasution SH yang juga merupakan Ketua Umum Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam (Badko HMI) Jawa Barat memberikan tanggapannya mengenai Pj Gubernur Sumut mendatang.

Menurutnya, Fadlansyah Lubis Wakil Sekretaris Kabinet RI saat ini adalah orang yang tepat untuk menjadi Pj Gubernur Sumut.

“Kami menilai bahwa Bapak Fadlansyah Lubis merupakan orang yang tepat untuk diusulkan oleh pemerintah pusat sebagai Pj Gubernur Sumatera Utara. Rekam jejak pengabdian beliau bagi Negara Indonesia sudah menunjukkan kapabilitasnya” kata Firman Ketika dimintai keterangan pada Sabtu (5/8/2023).

Fadhlansyah Lubis merupakan Wakil Sekretaris Kabinet – Sekretariat Kabinet RI yang dilantik oleh Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung pada Februari 2021.

Pelantikan dirinya berdasarkan Keppres Nomor 25/TPA Tahun 2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dari dan dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Sekretariat Kabinet. Keppres ini ditetapkan Jokowi pada 11 Februari 2021.

Sebelum dilantik menjadi Waseskab, Fadlansyah Lubis mengemban jabatan sebagai Deputi Seskab Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan pada 2015—2021 dan sebagai Staf Ahli Bidang Hukum dan Hubungan Internasional pada 2014–2015.

Fadlansyah saat ini juga tercatat sebagai Komisaris Utama PT Pupuk Kujang, anak perusahaan PT Pupuk Indonesia Holding Company.

Lahir di Jakarta, pada April 1967, Fadhlansyah Lubis menyelesaikan pendidikan S1 jurusan hukum di Universitas Padjajaran pada 1992 silam. Ia melanjutkan studi Magister Hukum di Victoria University of Wellington New Zealand pada 2002 dan meraih program S3 jurusan Hukum di Universitas Gadjah Mada pada 2012.

Kontributor: Agus Liwaya