Nasional

Kebaya Encim Dalam Istana Berkebaya

Jakarta.Swara Jabbar Com.-

Oleh Jeremy Huang Wijaya

Depan Istana Merdeka kemaren hari minggu 6 Agustus 2023 diadakan acara Istana Berkebaya, tujuan diadakan nya Istana berkebaya untuk mengenalkan kembali kebaya sebagai karakter dan kepribadian Indonesia. Mereka yang hadir di antaranya Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menhub Budi Karya Sumadi, Menlu Retno Marsudi, Menkeu Sri Mulyani, Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo, Mentan Syahrul Yasin Limpo, Mendag Zulkifli Hasan, Menpora Dito Ariotedjo, Mendikbud Nadiem Makarim, Menko Polhukam Mahfud Md, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Jaksa Agung ST Burhanuddin, Menkominfo Budi Arie Setiadi, Menhan Prabowo Subianto, Mendagri Tito Karnavian, hingga Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita. Mereka hadir bersama pasangan masing-masing.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengatakan kebaya melambangkan karakter bangsa Indonesia.
“Ya kebaya itu melambangkan karakter masyarakat Indonesia yang anggun, yang lemah lembut, yang sopan, dan bersahaja,” kata Jokowi, Minggu (6/8/2023).

Salah satu kebaya yang digunakan oleh Ibu Iriana adalah kebaya encim motif bunga berwarna merah.
Ada berbagai jenis kebaya ya itu Kebaya Encim, Kebaya Sunda, Kebaya Jawa, Kebaya Kalimantan, Kebaya Sulawesi, hingga Kebaya Sumatera.

Sejarah kebaya Encim.

Berdasarkan catatan Sir Thomas Raffles dalam History of Java diperkirakan kebaya Encim Sudah Ada sebelum tahun 1791 Ada juga yang memperkirakan Sudah Ada sejak jaman kerajaan Majapahit. Kebaya Encim memiliki potongan Dan bordiran yang khas, sebagai bentuk perpaduan budaya Tionghoa dengan budaya setempat, terlihat dari aneka motif nya, Ada sulaman cantik di bagian pinggir, yang digunakan wanita peranakan Tionghoa (yaitu campuran ayah nya Tionghoa, Ibunya warga setempat. Dan dikenal juga dengan nama kebaya Nyonya atau kebaya baba karena ayahnya Tionghoa, ibunya warga setempat.

Motif kebaya Encim beraneka ragam Ada burung Hong, anyelir Dan burung merak. Semua motif itu memiliki lambang seperti Burung merak melambangkan kebahagiaan, Burung Phoenix melambangkan kesejahteraan.
Dulu di Pagongan Depan Kantor Telkom tahun 1930-1986 Ada pembuat kebaya Encim terkenal bordiran Dan sulaman cantik di bagian pinggiran namanya Nyonya Tan Tjan Boen terkenal halus sulaman nya Dan rapih