TNI

Angkat Nelayan Pesisir Cirebon, Pangdam III/Siliwangi Bangun Cold Storage

Kab. Cirebon.Swara Jabbar Com.-Memastikan pemberdayaan wilayah pertahanan di pesisir Kab. Cirebon, Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo S.I.P., didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah III/Slw Ny. Mia Kunto Arief Wibowo meninjau pembangunan Cold Storage di Desa Bandengan Kec. Mundu Kab. Cirebon, Selasa (15/08/2023).

Pembangunan Cold Storage saat ini sudah mencapai 95% dan langsung diinisiasi oleh Pangdam III/Slw untuk memberikan alternatif solusi yang selaras dengan program Pemerintah dalam hal meningkatkan kualitas hasil produk nelayan agar memiliki nilai jual yang lebih konstan, tidak fluktuatif yang tergantung pada musim.

Cold Storage tersebut di desain memiliki 2 pintu dengan tiap ruangan memiliki fungsi masing-masing. Pada ruangan pertama berukuran 3×3 meter berfungsi sebagai ruang pembekuan yang mampu menampung hasil nelayan hingga 5 ton. Pada ruangan kedua memiliki ukuran 6×6 meter yang berfungsi untuk penyegaran atau penyimpanan sementara hasil nelayan yang dapat menampung sebanyak 25 ton.

Dengan kemampuan tersebut, diharapkan dapat memberikan tempo waktu bagi nelayan terhadap hasil lautnya agar terjaga kualitas dan kesegarannya sehingga tetap bernilai ekonomis.

Alat penyimpanan tersebut dapat menampung berbagai hasil tangkapan nelayan. Diharapkan alat tersebut dapat membantu para nelayan di pesisir Kab. Cirebon yang selama ini hasil lautnya sering tidak laku dijual karena sudah busuk akibat tidak adanya alat pembeku.

“Disinilah Kodam III/Slw turun dan memberikan inovasi sebagai langkah solutif yang diperlukan untuk membantu menyelesaikan persoalan para nelayan di pesisir Kab. Cirebon terhadap hasil tangkapan mereka,” ujar Pangdam.

Pada kesempatan itu, Pangdam III/Slw juga memberikan seperangkat alat penangkap ikan serta pohon mangrove kepada para nelayan serta paket bantuan sosial berupa sembako untuk veteran di Kab. Cirebon.

Turut hadir Kasdam III/Slw, Kasgartap II/ Bandung, Irdam III/Slw, Kapoksahli Pangdam III/Slw, Asrendam III/Slw, para Asisten Kasdam III/Slw, para Dan/Kabalakdam III/Slw, Pa Lo AU, Dandeninteldam III/Slw dan Ketua Persit KCK Daerah III/Slw beserta pengurus. (Pendam III/Siliwangi)