Parlementaria

Semarak HUT ke-78 RI, Sekretariat DPRD Jawa Barat Bagi-bagi 2000 Bendera Merah Putih

Bandung.Swara Jabbar Com.-Sekretariat DPRD Jawa Barat membagikan dua ribu (2000) bendera merah putih gratis kepada masyarakat di 17 titik di kawasan Kota Bandung. Pembagian bendera merah putih tersebut dalam rangka memperingati HUT RI ke-78.

Sekretaris DPRD Jawa Barat Ida Wahida Hidayati menjelaskan, jumlah titik dalam pembagian bendera merah putih gratis tersebut disesuaikan dengan tanggal peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia, yaitu 17 Agustus.

Sementara untuk tujuannya, pembagian bendera merah putih sebagai bentuk partisipasi Sekretariat DPRD Jawa Barat dalam memperingati HUT RI ke-78. Selain itu, sebagai bentuk partisipasi Sekretariat DPRD Jawa Barat dalam meningkatkan rasa memiliki dan nasionalisme masyarakat.

“Bahwa kita harus berpartisipasi aktif, punya kesadaran tinggi sebagai warga negara Indonesia. Kita tidak boleh melupakan the founding fathers bangsa Indonesia, dan para pejuang yang rela berjuang sampai titik darah penghabisan untuk merdeka, merebut kemerdekaan,” jelas Ida Wahida Hidayati, Bandung, Selasa 15 Agustus 2023.

Disamping itu, tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan rasa kebanggaan menjadi warga negara Indonesia. Masyarakat jangan sampai melupakan sejarah, perjuangan pendahulu dalam pemperjuangkan kemerdekaan.

“Negara ini diperoleh dengan pengorbanan, ini harus disadari masyarakat agar warga betul-betul menghargai bangsa Indonesia,” kata Ida Wahida Hidayati.

Diharapkan tambah Ida Wahida Hidayati, setelah mendapatkan bendera merah putih. Masyarakat mengibarkannya 7 hari sebelum dan sesudah 17 Agustus.

Pada momentum HUT ke-78 RI, diharapkan masyarakat turut berpartisipasi memperingati Hari Kemerdekaan. Sebagai bentuk partisipasi, juga sebagai bentuk rasa cinta, bangga terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“NKRI harga mati, kita harus terus meningkatkan kecintaan kita kepada NKRI, nasionalisme kita. Siapa pun yang berani merongrong Indonesia, kita harus berani dan menjadi barisan terdepan membela NKRI,” tegasnya. *