Regional

Baznas Kabupaten Ciamis”Terus Genjot” Perolehan Zakat- Infak

Ciamis.Swara Jabbar Com.-Merupakan pogram Baznas, bagaimana Baznas ,bisa hadir ditengah-tengah masyarakat yang ada di pedesaan,baznas mesti hadir di tengah masyarakat,

Menurut Ketua Baznas Kabupaten Ciamis, H Lili Miftah ketika di Wawancara awak media senin 4/9/2023.
Pada saat musim pandemi Covid 19 lalu, jeritan masyarakat itu sangat luar biasa dampaknya, makanya Baznas Ciamis genjot infak desa dan Asn itupun berangkat dari Peraturan bupati dan undangan -undang yang memang kekuatan hukumnya sangat mumpuni.

“Makanya dalam hal ini baznas Ciamis berani mengambil langkah, bagaimana kita mengumpulkan kepedulian masyarakat,gotong royong masyarakat untuk membantu masyarakat yang betul betul membutuhkan,meskipun infak desa hanya mengumpulkan seribu, dua ribu rupiah ,misalkan ada 10 juta di setorkan ke baznas akan baznas akan kembalikan lagi seutuhnya ,sambil kita beri dana salur dari jakat Asn.

“Lanjutnya, kalau masyarakat bertanya di kemanakan jakat Asn, baznas sudah sebarkan ke 265 desa, makanya dengan pola seperti itu betul-betul terukur dan sistemik.

Sehingga kita giring bagaimana supaya infak desa meningkat lulus dari level satu itu10 juta, artinya kalau per desa 10 juta itu,sudah bisa menyelesaikan masalah -masalah masyarakat yang Emergensi , kelaparan, tidak punya ongkos ke rumah sakit, termasuk uang tunggu,tuturnya.

Terakhir “Lili” menyampaikan pencapaian target perolehan zakat, infak dan sodakoh dari Desa dan Asn,di kabupaten Ciamis sampai tahun 2023, Alhamdulillah sudah mencapai 80 persen lebih ,hanya tinggal sekitar 15 desa lagi yang belum mencapai target. “Pungkasnya. (Zenal)