Parlementaria

Mengenal Lebih Jauh Sosok Rafael Situmorang

Rafael Situmorang adalah Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Periode 2019-2024. Pria Batak kelahiran Padang, 11 Maret 1976 ini lahir dari keluarga sederhana.

Semasa kecilnya orangtuanya memutuskan untuk hijrah ke Provinsi Jawa Barat, tepatnya di Kota Bandung.

Rafael panggilan akrabnya, merupakan sosok aktivis 98 menyelesaikan pendidikannya mulai SD hingga S2 di Bandung.

Rafael kecil bersekolah di SD Negeri Babakan Ciparay VII (1982-1988), lalu pada tahun 1988-1991 SMP Yos Sudarso Kota Bandung.

Memasuki tahun 1991-1994, Ia melanjutkan pendidikannya di SMA Negeri 13, setelah lulus Ia melanjutkan studinya di Sekolah Tinggi Hukum Bandung tahun 1994-2000.

Sebagai sarjana hukum, ia terus mengasah pengetahuannya ke Program Pascasarjana Magister Ilmu Hukum ditempat yang sama yaitu Sekolah Tinggi Hukum Bandung (2015-2017).

Karena kepiwaiannya di bidang hukum, Rafael sudah menjadi seorang pengacara, tahun 2007 membuka Kantor Hukum Rafael Situmorang, SH & Rekan serta sudah tertarik pada ilmu yang berbau politik mulai dari SMA

Sebelumnya, Ia lebih dulu aktif di Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI). Rafael dipercaya menduduki jabatan Ketua Bidang Advokasi SPSI Provinsi Jawa Barat karena terbiasa mengadvokasi hak-hak buruh atas ketidakadilan.

Sampai saat ini Ia terus menggeluti kegiatan sosial kemasyarakatan. Ia juga mendampingi para pedagang dan buruh.

Spirit Politik dan Double Minoritas

Terpanggil di dunia politik dan atas dukungan berbagai pihak elemen masyarakat, lewat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) Jawa Barat, Rafael Situmorang, SH, MH, mencalonkan diri menjadi Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat di Daerah Pemilihan (Dapil 1 Kota Bandung dan Cimahi) dengan nomor urut 4 untuk periode 2019-2024.

Keberuntungan itupun datang dan memihak kepadanya. Kepala Badan Bantuan Hukum dan Advokasi DPD PDI Perjuangan Jawa Barat ini dinobatkan dan dilantik sebagai Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat. Rafael, berhasil memperoleh suara sebanyak 25.057.

Kini dia ditempatkan di Komisi I yang di antaranya membidangi Pemerintahan, Penerangan dan  Pers, Hukum Perundang-undangan, Partai Politik, Ormas dan Pertahanan.

Politisi PDI Perjuangan Rafael Situmorang yang dipercaya mengemban amanah konstituennya, Rafael berfikir nilai cinta kasihlah keutamaan dalam hal pembuatan kebijakan Pungkasnya. (AP)