Pendidikan

SDN HAURNGOMBONG II SARAT PRESTASI MASIH KEKURANGAN RUANG KELAS

Sumedang, Swara Jabbar Com.-Meskipun jumlah ruang kelas di SDN Haurngombong II Kecamatan Pamulihan Kab. Sumedang makin tidak sebanding dengan pertambahan jumlah siswa tiap tahunnya, nanun kendala miskinnya ruang kelas tadi tidak berpengaruh terhadap raihan prestasi siswa-siswanya. Banyak siswa dari sekolah ini, meraih prestasi di tingkat Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang hingga ke Provinsi Jawa Barat.

Dikatakan Aan Darwati S.Pd. MM, Kepala SDN Haurngombong II, tiap tahunnya siswa baru selalu bertambah, ” Berangkat dari itu, perlu dilakukan pengembangan sekolah. Maka, kami telah membeli sebidang tanah di belakang sekolah ini. Diharapkan, ada bantuan untuk pembangunan Ruang Kelas Baru. Besar harapan bisa terkabul secepatnya, karena Pak Kasi Sarana dari Disdik telah berkunjung ke sini, ” ungkap Kasek dengan nada berharap.

Menurut Kasek, lonjakan jumlah siswa baru meningkat terus. Semenjak ia tugas di SDN Haurngombong II, siswa kelas 1 dua kelas, ” Sekarang total siswa telah mencapai 400 lebih. Kelas satu saja meningkat jadi tiga kelas. Artinya, membangun satu ruang kelas saja, tidak bakal cukup. Tapi, kita berjalan secara bertahap saja, ” ungkapnya lagi.

Tidak sebandingnya rasio jumlah siswa dengan ruang kelas, tidak berpengaruh terhadap prestasi siswa-siswa di SDN Haurngombong II. Sekolah ini dikenal sebagai pencetak siswa-siswa berprestasi, ” Baca tulis aksara Sunda, borangan ( ngabodor sorangan ) sampai ke tingkat Jawa Barat. Lalu, dari FL2SN, seni tari masuk Jawa Barat pula. Kalau di tingkat Kecamatan, dari lima cabang perlombaan, empat diraih oleh anak-anak kita, ” pungkas Kasek Aan Darwati.(arfa)