TNI

HUT Ke-78 TNI, Kodam III/Siliwangi Gelar Wayang Kulit Lakon “Bimo Krido”

Bandung.Swara Jabbar Com.-Dalam rangka peringatan HUT ke-78 TNI, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Erwin Djatniko menggelar wayang kulit di Graha Tirta Siliwangi Kota Bandung, Jum’at (06/10/2023).

Pagelaran wayang kulit mengusung lakon “Bimo Krido” dengan dalang Ki Gunarto Gunotalijendro, S.H., M.M., dari Sanggar Sari Laras dihadiri oleh Pangdam III/Siliwangi dan jajarannya, para Pejabat TNI di wilayah Bandung dan Cimahi, Kapolda Jabar dan PJU Polda Jabar, Forkopimda Jabar serta masyarakat sekitar Bandung Raya kurang lebih sebanyak 1.200 orang.

Panglima TNI Laksamana TNI Yudho Margono menyampaikan sambutan secara virtual dan membuka pagelaran wayang kulit serentak di 78 lokasi baik di dalam maupun di luar negeri termasuk di Amerika, Suriname dan Malaysia. Hal itu sebagai sebuah simbol bahwa TNI telah memasuki usianya ke-78.

Pagelaran wayang kulit dengan lakon ”Bimo Krido” selain merupakan tontonan, juga mengandung tuntunan, karena mengisahkan tentang sosok Bima dari sejak masih dalam bungkus (ari-ari) hingga dewasa yang selalu mengayomi dan membantu masyarakat dari kebatilan dan angkara murka.

Sosok Bima tidak hanya terus membangun fisik, raga atau jasmani namun juga rohani. Pada akhir cerita, dalam perang Baratayuda, Bima berhasil mengalahkan Duryudana. Hal tersebut menjadi titik puncak “Bimo Krido” dalam memberantas kebatilan dan keangkara murkaan.

Sesaat sebelum pagelaran wayang dimulai, Pangdam III/Slw menyerahkan secara simbolis Wayang Bima kepada Dalang Ki Gunarto Gunotalijendro, S.H., M.M., seorang dalang milenial yang pernah menjadi duta dalang budaya di Eropa tahun 2009.

Pangdam III/Siliwangi, para Pejabat TNI, Kapolda Jabar, Forkopimda Jabar dan jajarannya serta seluruh prajurit dan masyarakat yang hadir sangat menikmati pagelaran tersebut serta mengapresiasi kekayaan lokal budaya bangsa Indonesia.

“Pagelaran wayang kulit ini merupakan cara yang luar biasa dalam merayakan HUT ke-78 TNI dengan melestarikan budaya bangsa Indonesia,” pungkas Pangdam.

Di wilayah Kodam III/Slw, pagelaran wayang kulit juga dilaksanakan di wilayah Korem 061/SK, Korem 063/SGJ dan Korem 064/MY. Pada saat pagelaran, juga disiapkan Doorprize untuk para penonton yang hadir diantaranya dispenser, kipas angina, magic com, TV LCD 20’ serta sepeda gunung. (Pendam III/Siliwangi).