Regional

Kades Wawan Gunawan Antarkan Sukahayu Jadi Desa MANDIRI

Sumedang Swara Jabbar Com.-Desa Sukahayu Kecamatan Rancakalong Kabupaten Sumedang Jawa Barat telah ditetapkan sebagai Desa Mandiri. Bahkan, disinyalir, Index Desa Membangun (IDM) sebagai barometer dari penentuan Desa Mandiri, Sukahayu mendapatkan ranking tertinggi bersama empat desa lainnya di Kabupaten Sumedang, yaitu bersama Desa Cileles Jatinangor, Margamukti Sumedang Utara, Situraja dan Desa Sindangpakuon Cimanggung. Demikian diungkapkan Kades Sukahayu, Wawan Gunawan, kepada media Swara jabbar pada Rabu (5/10).

Dikatakan Kades Wawan, sebagai Desa Mandiri, Sukahayu memiliki potensi pertanian dan perladangan. Sedikitnya ada 21 Kelompok Wanita Tani diantaranya mendapat perhatian dari Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH). Kelompok Wanita Tani tadi mampu mengolah hasil pertanian secara berkesinambungan. Tidak hanya itu, di Sukahayu pun tumbuh kuliner yang bisa dikembangkan menjadi produk UMKM, semisal dodol labu, ulen ketan goreng, rengginang, lotek, lalapan, dan produk olahan lainnya.

Lebih jauhnya Kades Wawan mengungkapkan Sukahayu pun memiliki seni buhun untuk menjelma menjadi potensi wisata budaya, semisal Seni Koromong dari Kampung Cikubang. Keberadaan seni ini, sebagai bukti sejarah adanya warisan Sunan Bonang ketika abad-15 silam. Kesenian Koromong di zaman sekarang bukan lagi untuk menyambut atau mapag panen, tapi sudah menjadi sarana hiburan di Desa Sukahayu.