Pendidikan

KURNIA KEPSEK SDN SINARJATI PEHOBY BONSAN

Sumedang, Swara Jabbar Com.-Melepas kejenuhan dari rutinitas kerja selaku kepala sekolah dengan memelihara tanaman bonsai acapkali dilakukan Kurnia, Kepala SDN Sinarjati Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang Jawa Barat.

Halaman rumahnya penuh dengan berbagai jenis tanaman bonsai. Dari mulai jenis kaliage, asem, anting putri, bougenvil, bahkan ada beberapa jenis tanaman bonsai ia sendiri tidak tahu namanya.

Karena jumlahnya begitu banyak, tanaman bonsai setengah jadi, ia simpan di kebun khusus dekat rumahnya. Kebun itu dipagar besi. Dibangunkan saung kecil tempat ia berinsfirasi untuk merangkai bonsai.

Kurnia mengaku tanaman bonsai tadi didapat dari hasil ngabolang ( mencari ke hutan-hutan,-Red ) dan membeli dari para penangkar bonsai.” Sebagian dari koleksi bonsai saya, ada yang telah ditawar puluhan juta rupiah. Tapi, saya tidak menjualnya,” ungkap Kurnia.

Menurut Kurnia, untuk membentuk tanaman bonsai itu butuh naluri seni. Sedangkan seni itu bisa memperhalus hati. ” Makanya, orang-orang pehoby bonsai itu, hatinya akan sehalus salju ha.ha.” kelakarnya.

Kurnia membuka ruang bagi siapa saja, terutama sesama pehoby bonsai, untuk saling bersilaturahmi secara daring ataupun during. Untuk itu, ia memberikan kontak WhstsApp-nya Nomor 085320443877.