Regional

Kawah Candra dimuka dan Gatot Kaca

Bandung.Swara Wanita Net.-

Oleh Jeremy Huang

 

生活中的挑战、问题、问题塑造个人性格,使其变得更有弹性
Shēnghuó zhōng de tiǎozhàn, wèntí, wèntí sùzào gèrén xìnggé, shǐ qí biàn dé gèng yǒu tánxìng artinya tantangan, problema, masalah dalam kehidupan membentuk karakter pribadi menjadi lebih tangguh

Kita semua pasti sudah pernah mendengar Kisah Gatot Kaca, seorang Kesatria putranya Bima dari keluarga Pandawa dengan perempuan raksasa yang bernama Hidimbi atau Arimbi. Kita sudah mengenal kisah Arimbi atau Hidimbi merupakan perempuan raksasa penguasa Hutan yang tinggal bersama kakaknya yang bernama Hidimba.
Bima menikah dengan Arimbi atau nama lainnya Hidimbi melahirkan Gatot Kaca (nama Lainnya Teluk)
Gatot Kaca mendapat Gelar Kesatria bukan hal mudah, tidak instant, tidak langsung menjadi super hero, tidak langsung menjadi Kesatria tetapi lewat proses.

Ketika baru lahir Batara Empu Anggajali memasukkan Gatot Kaca ke kawah Candra dimuka sebuah kawah yang panas. Ketika dimasukkan di Kawah Candra dimuka, Gatot Kaca dapat keluar menjadi seorang Kesatria, Gatot kaca tampil sebagai super hero. Kisah ini mengandung arti bahwa dalam kehidupan ini harus melewati sebuah proses tidak bisa instant, harus memulai perjalanan hidup dari nol, harus di godok, digembleng di kawah Candra dimuka yang panas agar supaya dapat tampil menjadi seorang Kesatria, super hero.

Kawah Candra dimuka adalah lambang penggemblengan diri pribadi agar menjadi orang yang memiliki karkater pribadi yang kuat. Kekaguman saya pada Bima dan Arimbi (Hidimba) mengijinkan anaknya untuk dibawa oleh Batara Empu Anggajali untuk digembleng dan diproses di Kawah Candra dimuka. Padahal Bima adalah seorang Ksatria yang tidak pernah bisa di kalahkan oleh siapapun seharusnya gelar ksatria dan pimpinan dapat mudah diberikan kepada anaknya, tetapi Bima dan Arimbi sayang anak, mereka tahu bahwa dalam kehidupan harus melewati proses yang tidak mudah dan menyakitkan.

Jika kita lihat seekor rajawali betina mengajarkan anaknya terbang, dibawa anak anaknya dalam kepak sayapnya, dibawa terbang tinggi ke langit kemudian menjatuhkan anaknya di tempat ketinggian ketika terbang, ketika akan jatuh secepat kilat rajawali betina tersebut terbang menukik menyelamatkan anaknya, kemudian terbang tinggi kembali, dijatuhkan kembali dari kepakan sayapnya, ketika akan jatuh ke bawah diambilnya kembali hingga anaknya tersebut dapat terbang.

Jika kita sayang anak, kita harus mengijinkan anak kita melewati proses kehidupan, jangan manjakan anak dengan fasilitas pangkat kedudukan orang tuanya. Ijinkan anak anak kita untuk melewati proses penggemblengan di kawan Candra dimuka, untuk mendapatkan jabatan dan karier supaya anak kita menjadi anak yang tangguh dan teruji bagaikan Gatot kaca dan anak rajawali.

Jangan mendirikan Dinasti, jangan nepotisme. Ijinkan anak kita melewati proses kehidupan untuk mendapatkan jabatan. Ijinkan anak kita memulai karier dari nol. Supaya anak kita dapat menjadi anak tangguh yang super hero.
Butet Kertarajasa seorang artis senior putranya Bagong Kusudiarjo seniman legenda dari Yogyakarta menceritakan label gelar keartisannya di dapatkan setelah 25 tahun merintis karir sebagai artis dan seniman baru mendapatkan upah keartisannya bukan datang tiba tiba karena ayahnya seorang seniman dan budayawan.

Jadi ajarkan anak anak kita ketika berharap mendapatkan jabatan harus melewati proses kehidupan dari nol, naik ke gunung tinggi melewati batu terjal dan licin melewati hutan kehidupan yang banyak binatang buas. Baru bisa mendapatkan kedudukan dan jabatan. Problema, halangan, rintangan dan masalah adalah proses yang harus dijalani untuk menjadi tangguh