Regional

Pemdes Situsari Laksanakan Pelatihan Pengolahan Sampah Rumah Tangga Menjadi Nilai Ekonomi

Garut.Swara Jabbar Com.-Keberadaan sampah masih menjadi polemik yang berkepanjangan, sampah kadang menjadi penyebab terjadinya bencana banjir atau menjadi sumber penyakit.

Melihat polemik yang tidak berkesudahan, pemerintah Desa Situsari, Kecamatan Karangpawitan, Kabupaten Garut, mengadakan pelatihan pengolahan sampah rumah tangga menjadi nilai ekonomi.

Menurut keterangan Kades Situsari, Dudy Hamdani Rusman. A.Md bahwa untuk mengurangi jumlah volume sampah bisa dimulai dengan penanganan sampah yang berasal dari dapur.

Menurut Dudy, sampah dari dapur yang terkumpul akan menjadi masalah jiga dibiarkan begitu saja, maka kita harus mencari solusi bagai mana caranya sampah yang berasal dari dapur bisa diolah menjadi lebih bermanfaat bahkan bisa memiliki nilai ekonomi.

“Untuk mengatasi sampah yang berasal dari rumah tangga atau dapur harus segera diatasi, oleh karena itu hari ini kami dari pemerintahan Desa Situsari bekerja sama dengan pegiat sampah Karangpawitan ( PGW ) mengadakan pelatihan pengolahan sampah yang berasal dari dapur,” terangnya. Sabtu (21/10/2023).

Dengan adanya pelatihan ini Dudy berharap sampah – sampah yang berasal dari dapur bisa segera diatasi dan Dudy juga berharap dengan pengolahan sampah nantinya bisa ikut membantu perekonomian warganya.

Dalam acara pelatihan tersebut yang bertempat diaula Kantor Desa Situsari ikut dihadiri oleh Sekmat Karangpawitan, Kadis DLH, BPD Situsari, para kader, RT, RW, Pendamping Desa, Babinsa, mitra bank sampah dan tamu undangan lainnya. (Abo)