Regional

Lima Desa di Bayongbong Garut Ikut Seleksi Perangkat Desa.

Garut.Swara Jabbar Com.-Sebanyak lima Desa di Kecamatan Bayongbong Kabupaten Garut mengikuti Seleksi Perangkat Desa yang diselenggarakan di Aula Kantor Kecamatan Bayongbong, Rabu 18 Oktober 2023.

Lima Desa yang mengikuti Seleksi Perangkat Desa diantaranya Desa Ciburuy, Desa Ciela, Desa Salakuray, Desa Karyajaya dan Desa Mekarsari.

Peserta yang mengikuti Seleksi dari lima Desa sebanyak 20 orang untuk mengisi 5 kekosongan Perangkat Desa.

Engkus Koswara Sebagai Institusi Pembina Masyarakat di Bidang Pemerintah Desa Pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa ( DPMD ), menjelaskan Tujuan dari pelaksanaan seleksi ini adalah sebagai implementasi bagaimana kedepan Perangkat Desa ini tidak hanya asal ditunjuk tapi ada proses sesuai Undang-undang. Bahwa pengakatan dan pemberhentian Perangkat Desa diatur lewat regulasi yang sudah ditetapkan melalui peraturan Bupati Garut.

” Sesuai dengan surat yang disampaikan oleh Pemerintah Kecamatan dengan dasar dari surat panitia di lima Desa pada siang hari ini dilaksanakan Seleksi Perangkat Desa, dari Lima Desa,” ujarnya.

” Pelaksanaan Seleksi Perangkat Desa ini mengacu pada peraturan Bupati Garut No 49 Tahun 2017 tentang pengangkatan dan pemberhentian perangkat Desa dimana untuk tahapan pengangkatan perangkat Desa harus melalui proses seleksi, Yang terdiri dari seleksi Administrasi berupa tes soal tertulis dan seleksi yang kedua adalah seleksi IT atau praktek,” ujar Engkus.

Camat Bayongbong Frederico Fernandes menjelaskan kita sangat-sangat membutuhkan Seleksi ini salah satunya adalah peningkatan sumber daya manusia. “Untuk memahami tentang Pemerintahan, kita mengikuti perkembangan jaman Desa itu harus sudah mulai mengacu pada IT yah ini yang harus kita kedepankan Pemerintahan di Desa itu berjalan dengan baik apalagi sekarang ada peraturan baru dimana semua segala macam program kegiatan fisik dan nonfisik itu harus melalui Online,” ujarnya.

Mamat Hidayat Ketua APDESI Kecamatan Bayongbong yang merupakan Kepala Desa Karyajaya menyampaikan Seleksi dari lima Desa harusnya itu 6 Desa karena belum lengkap masalah tahapan yang bisa dilaksanakan waktu ini hanya 5 Desa.
” Seleksi ini diadakan di Kecamatan Bayongbong untuk menghindari cemburu sosial dari kalangan manapun untuk soal yang diberikan diseleksi ini seluruhnya dari Dinas DPMD Kabupaten Garut termasuk tes tertulis dan tes praktek keduanya itu yang memberikan penilaiannya langsung dari Dinas DPMD di Kecamatan hanya pasilitas tempat yang disediakan,” Pungkas Mamat Hidayat.(Abo)