TNI

Kodam III/Slw Siap Bantu Pengamanan Pemilu 2024

Bandung.Swara Jabbar Com.-Kodam III/Slw menggelar Latihan Kesiapsiagaan Operasional (LKO) dalam penanganan konflik sosial wilayah Kota Bandung di Lapangan Makodam III/Slw Jl. Aceh No. 69, Kota Bandung, Rabu (25/10/2023).

Gelar Kesiapan dilaksanakan dalam rangka tugas perbantuan pengamanan pada Pemilu 2024, diikuti oleh 700 orang personel gabungan dari satuan TNI AD, TNI AL, TNI AU, Polri, Satpol PP serta unsur-unsur pemerintah terkait. Pada kesempatan itu juga digelar berbagai macam alutsista dan perlengkapan perorangan maupun satuan, seperti Ranpur Anoa, ATAV, Unit Jihandak, Kendaraan AWC, Damkar dan Ambulance. Sementara LKO itu sendiri dilaksanakan dengan metode Drill sampai Jum’at (27/10/2023).

LKO dilatihkan kepada seluruh anggota Satgas untuk mengedepankan sikap dan perilaku dalam penanganan taktis yang lebih humanis dan persuasif. Karena dalam setiap tugas pengamanan dan penanganan suatu konflik sosial, yang dihadapi bukan musuh namun warga masyarakat Indonesia. Sehingga dalam mengambil keputusan apabila memerlukan tindakan yang bersifat represif, dilakukan sesuai dengan hirarki dan komando yang diberikan.

Pada latihan tersebut diasumsikan terdapat sekelompok massa di sekitar Kantor Gubernur Jawa Barat, dengan tuntutan yang belum jelas, massa melakukan orasi yang dapat mengganggu ketertiban umum. Meskipun sudah dilakukan negosiasi untuk membubarkan diri namun massa tetap menolak membubarkan aksinya.

Dalam simulasi latihan tersebut diperanggapkan Massa demontrasi terprovokasi karena tuntutan tidak terpenuhi, kemudian massa menduduki Kantor Gubernur Jawa Barat dan mulai melakukan tindakan anarkis, sehingga pasukan PHH (Penanganan Huru Hara) Kodam III/Slw harus mengambil langkah penindakan yang diperlukan untuk mengatasi aksi unjuk rasa tersebut.

Gelar kesiapsiagaan tersebut selain dilakukan oleh Kodim 0618/Kota Bandung, juga oleh seluruh Korem jajaran Kodam III/Slw. Sesuai dengan perintah Pangdam III/Slw Mayjen TNI Erwin Djatniko, dalam rangka tugas perbantuan pengamanan dan penanganan konflik sosial di Jabar dan Banten dibentuk 5 Satgas, yaitu Satgasrem 061/SK, Satgasrem 062/TN, Satgasrem 063/SGJ, Satgasrem 064/MY dan Satgas Kodim 0618/Kota Bandung.

Pembentukan Satgas tersebut diharapkan dapat berimplikasi terhadap Rentinkon (Rencana Tindakan Kontijensi) Kodam III/Slw agar lebih operasional dalam tugas perbantuan pengamanan di seluruh wilayah Jawa Barat dan Banten. Data kerawanan wilayah dihadapkan dengan dislokasi pasukan dapat diuji dengan berbagai skenario sehingga langkah-langkah antisipatif untuk tindakan pencegahan dapat dilakukan dengan benar agar kondusifitas wilayah terus terjaga dengan baik selama perhelatan Pemilu 2024.

Dansatgas Kodim 0618/Kota Bandung Kolonel Inf Donny Ismuali Bainuri selaku Pimpinan Apel Gelar Kesiapsiagaan wilayah Kota Bandung mengatakan bahwa, untuk menghadapi dinamika politik di tanah air khususnya di Kota Bandung, Gelar Pasukan memiliki makna yang sangat strategis bagi Kodam III/Slw. Hal itu sebagai salah satu bentuk kesiapan untuk mengukur kesiapsiagaan satuan dalam melaksanakan tugas–tugas perbantuan kepada Pemda maupun Polri.

“Gelar Kesiapsiagaan yang kita lakukan mencerminkan tugas perbantuan TNI kepada Pemerintah Daerah yang dilaksanakan Kodam III/Slw dalam penanganan situasi terhadap suatu konflik yang mencakup tindakan pencegahan, penghentian serta penanganan pasca konflik,” ujar Dandim.

Menurut Dansatgas Kodim 0618/Kota Bandung, pelaksanakan pengamanan pada seluruh tahapan Pemilu 2024 dilakukan secara bersama-sama dan kolaboratif dengan semua pihak. Sehingga dalam pelaksanaan tugasnya, setiap personel yang terlibat harus bisa memelihara semangat serta memiliki tanggung jawab yang baik terhadap bagiannya masing–masing agar setiap tugas mampu dilakukan dengan berhasil.

“Siapkan mental dan fisik kalian dengan baik, sehingga dapat melaksanakan setiap tugas hingga akhir. Pelihara kekompakan, kendalikan diri dan perhatikan faktor keamanan personel maupun materiil pada setiap kegiatan untuk meraih keberhasilan,” tutur Dansatgas.

Gelar kesiapan satuan Kodam III/Slw merupakan langkah dalam membantu pengamanan Pemilu 2024. Sehingga Kodam III/Slw siap membantu Pemerintahan Jawa Barat dan Banten dalam pengamanan tahapan Pemilu 2024. (Pendam III/Siliwangi)