Nasional

Jelang Pilpres, Para Tokoh Lintas Agama Akan Berkumpul di Gedung Juang 45 Surabaya, Ada Apa?

Kediri.Swara Jabbar Com.-Para tokoh lintas agama yang tergabung dalam organisasi kebangsaan Persaudaraan Cinta Tanah Air Indonesia akan berkumpul di Gedung Juang 45 Kota Pahlawan Surabaya pada 09-11 November 2023 mendatang. Rencanya mereka akan mengadakan pertemuan khusus terkiat menegakkan Bhineka Tunggal Ika di tengah pertarungan politik yang terasa makin memanas jelang pemilu serentak 2024 ini.

“Sebenarnya acara ini digelar bukan untuk menyongsong pemilu 2023, kita bertemu dalam rangka mensyukuri Hari Pahlawan. Namun dari pertemuan ini Insyaallah dampaknya akan berpengaruh pada damainya pesta demokras, agar tetap berjalan damai jauh dari pecah belah,” aku Muhammad Sholeh Ketua Panitia. Selasa (07/10/2023).

Menurut Sholeh hari ini sebagian masyarakat ada yang apatis apakah pemilu dapat berjalan jujur dan adil. Sebagian lagi ada yang merasa terombang-ambing.

“Menurut kami pemilu 2024 ini agak berat, panasnya sudah terasa dari sekarang. Tak sedikit masyarakat ragu, bingung mau pilih siapa. Lebih-lebih pemilu tahun ini syarat akan kepentingan asing, dua negara yang sedang bersaing Amerika dan China. Mungkin saja negara luar akan ikut cawe-cawe dalam pilpres ini. Dan ini kita harus waspada,” katanya.

Sementra Ketua Departemen Pendidikan DPP PCTA Indonesia menambahkan untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dalam pemilu ini masyarakat harus diberi pendidikan politik yang nyata.

“Masyarakat dan bangsa ini harus diberi pendidikan politik yang baik dan pendidikan politik yang cospleng untuk menjaga pelimu yang damai adalah keinsyafan warga negara akan adanya semboyan negara Bhinneka Tunggal Ika. Silahkan beda pilihan, beda dukungan, beda pandangan tetapi kita tetap harus bersatu. Dan pendidikan politik ini harus ada contoh nyata,” ujar Kushartono Ketua Dep. Pendidikan PCTA Indonesia.

Menurut Kus, jika hanya berupa himbauan atau aturan tanpa tauladan masyarakat tidak akan bisa mengikuti.

“Kan sekarang ini dengan marak media sosial banyak orang bisa berbicara, tapi tidak dengan fakta. Banyak mauidhotul hasanah dan sedikit uswatun hasanah. Ini yang membuat celakb ,” ujarnya.

“Nah berkumpulnya para tokoh lintas agama yang akan menyerukan Bhinneka Tunggal Ika, murni tanpa ada tendensi kepentingan politiik praktis, tanpa kepentingan kelompok. Kami yakin akan mampu memberikan kedamaian kepada masyarakat. Sebab sekarang ini hampir setiap tokoh itu berfihak, condong bahkan terkadang mengarahkan pada politik praktis. Bukan tidak boleh, tapi kan harus ada cermin tokoh-tokoh yang betul-betul netral, secara ketokohan tidak berpihak pada calon terrentu demi menjaga kerukunan anak bangsa,” tegasnya.

Kalau cermin ini benar-benar bisa muncul dari tokoh-tokoh lintas agama, dampaknya akan sangat dahsyat.

“Coba bayangkan, yang berbeda agama saja, beda keyakinan, bisa rukun bersatu. Mengapa hanya berbeda pilihan capre, partai harus ribut tidak bersatu? Hal ini akan muncul dalam kesadaran masyarakat. Inilah pendidikan dengan fakta bicara,”papar Kus.

Rencananya pertemuan para tokoh lintas agama di Gedung Juang 45 digelar selama tiga hari, seiring Rapat Pimpinan Nasional Organisasi Persaudaraan Cinta Tanah Air Indonesia yang Dijiwai Manunggalnya Keimanan dan Kemanusiaan. Acara akan disemarakkan dengan seminar kebangsaan, bagelaran seni budaya, doa lintas agama, pemberian tali asih untuk pahlawan, santunan anak yatim dan juga tabur bunga ke makam Pahlawan.

“Semua sudah kita persipakan, kita diajari oleh para tokoh lintas agama ini benar-benar berjuang dengan tulus ikhlas untuk bangsa dan negara. Tidak ada tendensi kepentingan kelompok atau golongan, apalagi kepentingan partai atau politik praktis. Kita beri kebebasan masyarakat untuk menyalurkan aspirasisnya sesuai hak dan pilihan masing-masing dan jangan sampai saling mengejek apalagi bermusuhan karena bisa membawa perpecahan persatuan bangsa,” tegas Drs. Ismu Syamsuddin Sekjen DPP PCTA Indonesia.*