TNI

Kasad Hadiri Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024 Prov. Jabar

Ciamis.Swara Jabbar Com.-Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Erwin Djatniko bersama Kapolda Jabar Irjen Pol Akhmad Wiyagus mendampingi Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si., beserta Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana Ny. Evi Agus Subiyanto menghadiri Deklarasi Pemilu Damai 2024 Prov. Jawa Barat di gedung Islamic Center Ciamis, Senin (06/11/2023).

Acara deklarasi juga dihadiri PJ. Gubernur Jabar yang diwakili Kakesbangpol Prov Jabar, Forkopimda Jabar, Asintel, Asops dan Aster Kasad, Wadan Puspomad, Kasdam III/Slw, Kas Gartap II/Bdg, Irdam dan Kapoksahli Pangdam III/Slw, Waka Polda Jabar, Danrem 062/TN, Danlanal Bandung, para Asisten Kasdam III/Slw, para Dansat/Kabalakdam III/Slw, para PJU Polda Jabar, Ketua KPU Jabar, Ketua Bawaslu Jabar, para Ketua DPD Parpol Prov. Jabar, Bupati dan Wakil Bupati Kab. Ciamis, Walikota Banjar, Walikota Tasikmalaya, Kapolres Ciamis, Banjar dan Tasikmalaya, para tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda, Ketua Forum Komunikasi Umat Beragama, Ketua Ormas, Ketua Paguyuban Adat serta 1200 undangan lainnya.

Kasad mengucapkan terima kasih serta memberikan apresiasi yang tinggi atas inisiasi Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024 Prov. Jabar. Kasad merasa terhormat karena mendapat kesempatan silaturahmi bersama Forkopimda dan Pengurus Partai Politik di Jawa Barat.

“Semoga keakraban dalam kebersamaan ini, menjadi representasi kuatnya komitmen kita bersama sebagai anak bangsa untuk bersama-sama menegaskan bahwa, persatuan dan kesatuan seluruh komponen bangsa dan masyarakat merupakan hal yang paling utama, meskipun berbeda tugas maupun pandangan dalam politik,” ungkap Kasad.

Saat ini bangsa Indonesia sudah memasuki tahun politik dalam rangkaian tahapan Pemilihan Presiden (Pilpres), Pemilihan Legislatif (Pileg) serta akan berlanjut pada tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 secara serentak.

“Saya berharap seluruh Komponen masyarakat terutama di Jawa Barat, siap untuk melaksanakan Pemilu tahun 2024 dengan damai dan sejuk demi mewujudkan demokrasi yang bermartabat. Ingat, pilihan boleh beda karena orientasi politik, tetapi semuanya harus tetap satu dalam wadah NKRI,” jelas Kasad.

Kasad berpesan agar seluruh komponen masyarakat bersama TNI dan POLRI terus bersinergi dalam menjaga stabilitas keamanan selama Pemilu 2024. Kasad juga memastikan bahwa TNI AD menjunjung tinggi komitmen netralitas dalam Pemilu Serentak Tahun 2024. Hal tersebut sebagaimana diamanatkan dalam UU nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI dan UU nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu.

Sementara itu, Bupati Ciamis Bapak Dr. H Herdiat menyampaikan bahwa Forkopimda Ciamis beserta para Ketua Parpol dan seluruh masyarakat Ciamis siap untuk melaksanakan Pemilu Tahun 2024 secara damai. Melalui Deklarasi Pemilu Damai, Bupati berharap dapat mendongrak partisipasi masyarakat Kab. Ciamis hingga 85 % dari DPT Pemilu.

Pada kesempatan itu, Ketua KPU Jawa Barat memimpin Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024 Prov. Jawa Barat yang diikuti oleh sekitar 18 orang perwakilan seluruh Partai Politik peserta Pemilu 2024 di Jabar. Pertama, akan melaksanakan Pemilu Tahun 2024 yang damai dan kondusif untuk mewujudkan demokrasi yang bermartabat. Kedua, akan mematuhi dan menaati segala bentuk peraturan dan ketentuan yang berlaku serta menyelesaikan permasalahan Pemilu Tahun 2024 sesuai dengan koridor hukum.

Ketiga, menolak upaya-upaya yang dapat menimbulkan perpecahan di masyarakat dan menghindari kegiatan yang bersifat provokatif, menghasut ujaran kebencian serta tidak menggunakan isu sara dalam pelaksanaan Pemilu Tahun 2024. Keempat, akan menciptakan situasi dan kondisi tetap kondusif di wilayah hukum Polda Jabar.

Seusai deklarasi, Kasad beserta Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana melaksanakan kegiatan bakti sosial dengan memberikan paket Sembako kepada masyarakat Tatar Galuh Kab. Ciamis. Dengan didampingi Pangdam III/Slw, Kapolda Jabar, Ketua KPU Jabar, Ketua Bawaslu Jabar dan Bupati Ciamis melepas peserta kirab, selanjutnya melaksanakan peninjauan kegiatan Bakti Kesehatan dan Stand UMKM. (Pendam III/Siliwangi).