Pemerintahan

PEMKOT CIMAHI GELAR UPACARA PERINGATAN HARI PAHLAWAN KE-78 TAHUN 2023

Cimahi.Swara Jabbar Com.-Memperingati Hari Pahlawan ke-78 Tahun 2023 Pemerintah Daerah Kota Cimahi menggelar upacara bendera di Lapangan Apel kantor Pemerintah Kota Cimahi pada Jum,at (10/11/2023). Upacara Hari Pahlawan yang diperingati setiap tanggal 10 November setiap tahunnya ini mengusung tema “Semangat pahlawan untuk masa depan bangsa dalam memerangi kemiskinan dan kebodohan”.

Dalam sambutannya, Pj. Wali Kota Cimahi, Dicky Saromi yang bertindak sebagai pembina upacara menyampaikan amanat dari Menteri Sosial Republik Indonesia, Tri Rismaharini pada peringatan hari pahlawan ke-78 tahun 2023 yang menjelaskan bahwa tema “semangat pahlawan untuk masa depan bangsa dalam memerangi kemiskinan dan kebodohan” ini dimaksudkan untuk menjawab ancaman penjajahan modern yang kian nyata. Dimana bangsa Indonesia merupakan pasar yang besar dikaruniai begitu banyak sumber daya alam yang luar biasa seperti tanah yang subur, hasil laut yang melimpah, kandungan bumi yang menyimpan beragam mineral sehingga menjadi tantangan bagi generasi penerus bangsa adalah untuk mengelola kekayaan alam dan potensi penduduk indonesia bagi kejayaan bangsa dan negara.

Tri mengingatkan bahwa kita bersyukur, saat ini semangat untuk berantas kebodohan dan perangi kemiskinan dapat dilihat dan dirasakan denyutnya di seluruh pelosok negeri. semangat yang berasal dari nilai nilai perjuangan pahlawan bangsa di tahun 1945. Semangat yang membawa kita menolak kalah dan menyerah pada keadaan. menyatukan kita dalam upaya mewujudkan kehidupan kebangsaan yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur, serta memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa, mewujudkan masa depan yang lebih baik.

“Bersama kita bangun usaha dan ekonomi kerakyatan yang akan menjadikan Indonesia tumbuh menjadi negara yang makin maju, makin sejahtera” tutur Dicky mengutip amanat Menteri Sosial RI.

Saat di wawancarai dengan awak media Dicky menjelaskan bahwa Kebodohan adalah sesuatu yg saat ini yang menjadi perhatian kita bersama dalam mengentaskannya. Jadi oleh karena itu untuk meneruskan perjuangan para pahlawan dulu yang merebut kemerdekaan dan membebaskan kita dari penjajah, maka dalam mengisi Pembangunan itu salah satunya adalah kita harus memerangi kemiskinan .

“Bersilaturahmi memberikan tali asih kepada veteran yang ada di Kota Cimahi sebagai salah satu bentuk yang kita berikan dalam merayakan hari pahlawan” tandasnya .

Saat ditanya bagaimana harapannya terhadap ASN yang ada di lingkungan Pemerintah Daerah Kota Cimahi Dicky mengatakan Bahwa apa yg di lakukan saat inj adalah perjuangan yg belum berakhir dan oleh karena itu maka semangat selalu kita tancapkan kita gelorakan kepada setiap ASN di Kota Cimahi, terutama dalam memberikan pelayanan yang baik kepada Masyarakat dan menyukseskan Pembangunan yang ada di Kota Cimahi khususnya juga dalam menata kotanya, dan juga untuk memerangi kemiskinan.

 

 

“Bung Karno mengatakan bahwa beri aku seribu orangtua, maka aku akan cabut semeru dari akarnya, dan beri aku pemuda maka aku akan mengguncangkan dunia. Kata-kata ini sungguh sangat luar biasa, satu pepatah yang sangat uar biasa bahwa pemuda itu adalah harapan bangsa, jadi oleh karena itu meskipun era yang kita hadapi berbeda dengan era dahulu dan era sekarang ini adalah era yang dikatakan sebagai era yang serba cepat, dan sebagainya maka karekter pemuda Indonesia harus tetap terjaga. Untuk bisa menjadi garda terdepan sebagai aktor Pembangunan bangsa” pungkasnya

Turut hadir dalam upacara Peringatan Hari Pahlawan ke-78 Tahun 2023 unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah Kota Cimahi, Staf Ahli, para Asisten, Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (OPD), Kepala Kementerian Agama, BPS dan BNN Kota Cimah, Ketua TP PKK Kota Cimahi, Pimpinan BJB Cabang Kota Cimahi, Ketua DHC 45, Veteran, Karang Taruna, KNPI, IPSM, PPDI dan Ketua Forum Ormas Kota Cimahi, Pejabat Fungsional, Pejabat Struktural dan ASN Pemerintah Kota Cimahi.

(Bidang IKPS)