Pemerintahan

Peringatan HUT Korpri ke 52, ASN Harus Jaga Netralitas

Cimahi.Swara Jabbar Com.-Pemerintah kota Cimahi menggelar ucapan HUT KORPRI ke-52 Tahun 2023 Sesuai Tema. Semangat para pegawai Republik Indonesia, teruslah mengabdi demi bangsa Indonesia ini, upacara berlangsung di lapangan apel Pemkot Cimahi. Upacara peringatan HUT KORPRI di pimpin langsung PJ Wali kota Cimahi DR.IR.H Dicky Saromi, Rabu ( 29/11/2023).

 

Tampak hadir juga, Sekda kota Cimahi H. Dikdik S Nugrahawan, para staf ahli, para asisten dan kepala perangkat daerah, Pejabat eselon ||| dan IV, pejabat fungsional di lingkungan pemerintah kota Cimahi, dan jajaran aparatur sipil negara di lingkungan Pemkot Cimahi,

Dalam sambutannya PJ Wali kota Cimahi Dicky Saromi mengatakan. korps pegawai republik indonesia (korpri) dibentuk pada tanggal 29 november 1971 melalui keputusan presiden nomor 82 tahun 1971 sebuah organisasi. Pertama kali berdiri, korpri satu-satunya wadah bagi pegawai republik indonesia selalu berupaya terus menerus dalam meneguhkan fungsinya sebagai perekat dan pemersatu bangsa, menjaga netralitas dan hanya berkomitmen tegak lurus terhadap kepentingan bangsa dan negara.

” Korpri adalah wadah yang terdiri atas asn, untuk asn, dan oleh asn. Oleh karena itu, korpri memiliki peran dalam mendukung asn melaksanakan tugas-tugasnya sebagai penyelenggara negara.

Masih kata Dicky, di ulang tahun yang ke-52 saya berharap korpri, khususnya di lingkungan pemerintah daerah kota cimahi, dapat berperan lebih dalam mendukung bapak-ibu para ASN sekalian agar lebih optimal dalam menjalankan program-program pembangunan di kota Cimahi.

Menurut Dicky, tantangan yang kita hadapi terus-menerus berubah dan semakin kompleks, oleh karena itu, korpri perlu menyesuaikan diri, terutama dalam memberikan dukungan yang relevan kepada para ASN” imbuhnya.

“Tema HUT korpri yang ke-52 tahun 2023 tema “korprikan indonesia”. Tema ini dipilih agar para anggota korpri bisa lebih bersemangat dalam bekerja dan berkontribusi melayani kepentingan publik demi tercapainya pembangunan nasional,

 

Dicky mengajak, anggota korpri di seluruh indonesia untuk meneguhkan netralitas dan profesionalisme serta meningkatkan kinerja terutama di bidang pelayanan publik dan kepedulian seluruh anggota korpri terhadap masyarakat, tingkatkan netralitas dan semangat profesionalisme kepada seluruh ASN” katanya.

Lanjut Dicky, memasuki tahun politik 2024, netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) kembali menjadi perhatian publik, saya tekankan kembali bahwa sebagai seorang ASN kita dituntut netral dan harus bebas dari segala bentuk pengaruh manapun dan tidak memihak pada kepentingan siapapun” paparnya.

“Fungsi ASN sebagai pemersatu bangsa sangatlah identik dan inline denga apa yang akan kita hadapi di tahun 2024 yaitu Pemilu , pesan saya bahwa kita sebagai ASN harus bisa menunjukan bahwa kita berdiri di semua golongan dan tetap mengedepankan kebersamaan dan persatuan bangsa, dan yang lebih penting lagi harus kita wujudkan dalam keseharian kita, diantaranya tidak menyebarkan berita Hoax, bohong, tidak saling menekan dan mempengaruhi dan tidak berpihak pada kepentingan tertentu atau netral” pungkasnya.

Pada upacara peringatan HUT Korpri ke 52 tersebut dilakukan panandatanganan kesepakatan netralitas ASN pada Pemilu 2024 oleh Sekretaris Daerah Kota Cimahi, para Asisten, Staf Ahli dan seluruh Kepala OPD dilingkungan Pemerintah Daerah Kota Cimahi, juga pemberian penghargaan kepada ASN teladan dan ASN berprestasi,” tandasnya(difa)