Parlementaria

Mengenal Aep Nurdin Sosok Muda, Penuh Optimis dan Pekerja Keras

Kab Bandung Barat.Swara Jabbar Com.-Sosok Muda, penuh optimisme dan pekerja keras. Inilah karakter yang melekat pada sosok Aep Nurdin. Pada mulanya, ia tidak pernah bercita-cita untuk berkiprah dalam bidang politik. Sejak kecil ia memimpikan menjadi seorang guru agama di kampungnya. Maka, pria yang lahir pada 15 Agustus 1972 di Cihempelas, Kabupaten Bandung Barat (KBB) menyelesaikan pendidikan dasarnya di MI Citapen. Setelah itu, ia melanjutkan ke MTs Cihampelas. Tahun 1989, Aep “hijrah” ke Sukabumi untuk melanjtkan nyantri di Pesantren Ibadurrahman, Sukabumi, tamat tahun 1991.

Di pesantren inilah Aep Nurdin berkenalan dengan aktivitas da’wah. Salah satu gurunya adalah Ahmad Heryawan, yang kini menjabat Gubernur Jawa Barat.Aktivitas sosial dan dakwahnya berlanjut ketika Aep memutuskan untuk “pulang kampung” ke Cihampelas. Ia menjadi pengajar di MTs dan MA Arrofah, Cililin serta MI dan MTs Muslimin, Citapen pada 1992-1997, sambil aktif memberi ceramah di berbagai pengajian baik di kalangan pelajar, jamaah masjid maupun majelis ta’lim.

Aktivitas politik Aep dimulai sejak deklarasi Partai Keadilan (PK) tahun 1998. Ia pernah menjabat sebagai Ketua DPC PK Cililin (1998-2000), Ketua Cabang Dakwah III PKS Kab. Bandung (2000-2004), Ketua Bidang Polhukam PKS Kab. Bandung (2004-2006), Ketua Badan Pemenangan Pemilu PKS KBB (2007-2008), dan Ketua Bidang Pembinaan Kader PKS KBB (2008-2010). Sejak tahun 2010, ia mendapat amanah sebagai Ketua Umum PKS KBB.Saat ini menjadi Wakil Ketua Bidang Tani dan Nelayan DPP PKS.Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Periode 2019-2024 dan pada Pemilu 2024 maju menjadi Calon DPR RI Dapil Jabar II (Kabupaten Bandung-Kabupaten Bandung Barat) Nomor 4.

Ketika KBB berdiri, Aep Nurdin menjadi anggota Komisi B dan Ketua Badan Urusan Rumah Tangga DPRD KBB (2007-2009). Pada Pemilu 2009 ia mendapat kepercayaan untuk masuk lagi ke DPRD KBB (2009-2014). Dalam struktur DPRD KBB, Aep dipilih menjadi Ketua Komisi D, membidangi pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, keagamaan, ormas, perempuan, olahraga, kepemudaaan, seni dan budaya.Saat ini  di DPRD Provinsi Jawa Barat menjadi Anggota Komisi III.

Pria yang memiliki hobi bermain futsal ini . Aep Nurdin juga dikenal sebagai pembelajar yang ulet. Setelah meraih gelar Sarjana Agama dari STAI “Yamisa” Soreang (2000), juga telah selesai menempuh pendidikan S2 dalam bidang Administrasi Negara di Universitas Nurtanio.

Di sela kesibukan menjalankan amanah sebagai wakil rakyat, Aep Nurdin mengisi waktu luangnya dengan mengelola kebun, budidaya ikan dan ternak sapi. Maklum, ia memang terlahir di tengah keluarga yang menekuni bidang pertanian dan peternakan. “Dengan aktivitas ini, saya memiliki banyak kesempatan untuk berkomunikasi dengan para petani sehingga mengetahui apa yang menjadi keluhan dan aspirasi mereka serta masyarakat umum lainnya.

Jika diberi amanah oleh masyarakat Kabupaten Bandung-Kabupaten Bandung Barat (Jabar II) dalam Pemilu 2024 sebagai Calon DPR RI Nomor 4 , bertekad untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat, untuk itu mohon do’a serta dukungannya Pungkas Aep Nurdin.(AP)