Regional

TNI-Polri Bersihkan Reruntuhan Rumah Terkena Bencana Angin Puting Beliung di Ciheulang Ciparay

Kab Bandung.Swara Jabbar Com.-Minggu 23 Desember 2023 Jajaran Koramil 2408/Ciparay- Baleendah /Kodim 0624/Kabupaten Bandung, bersama Jajaran Polsek Ciparay Polresta Bandung, BPD BPBD kabupaten Bandung, Camat Ciparay, Sat Pol PP, Linmas Siga dan masyarakat, membersihkan reruntuhan rumah yang ambruk akibat diamuk angin puting beliung yang menerjang puluhan rumah di Desa Ciheulang, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung, pada Sabtu (23/12/2923) pukul 14 30 Wib .

Disela tugasnya Kapolsek Ciparay, Iptu Deden Noviyanto SH. MM menjelaskan,
Warga yang terkena dampak bencana angin puting beliung tersebut sebanyak 67 KK yang terbagi dalam 271 jiwa dari 5 RW yakni RW 5, RW 6, RW 4 RW 9 dan RW 10.

“Adapun langkah yang kita sudah diambil selesai dilaksanakan oleh bapak Kapolres kita forkopimcam serta Stakeholder baik dari Kabupaten maupun dari Kecamatan telah membuat salah satu grup WA.
Sehingga memudahkan dalam hal komunikasi di lapangan serta untuk identifikasi terhadap warga yang terdampak,” jelasnya.

Sambung Kapolsek, berdasarkan informasi bapak bupati juga mau mendengar dan menerima keluhan daripada para korban yang kena dampak angin puting beliung tersebut Sementara total untuk kerugian ini masih kita data belum bisa menjustifikasi, tapi untuk sementara kerugian kurang lebih sekitar diatas 500 juta an, kita masih melakukan- pendataan penataan sehingga data tersebut valid. Sementara untuk korban jiwa kata Dia, tidak ada informasi yang meninggal dunia,” ucapnya.

Ia juga menghimbau kepada seluruh warga, tolong kepada warga yang mau meninggalkan rumah atu liburan menjelang tahun baru ini silahkan melaksanakan pengamanan yang maksimal, dan apabila perlu tempat parkir untuk kendaraan kami dari forkopimcam Ciparay menyediakan tempat parkir bisa di Polsek , di Kecamatan serta Koramil juga bisa untuk digunakan para warga yang akan melaksanakan liburan,”tuturnya.

Ditempat yang sama Danramil 2408/Ciparay- Baleendah /Kodim 0624/Kabupaten Bandung Kapten Inf Aang Purtoni juga mengatakan, pada pagi hari ini kami dari Forkopimcam hadir bersama Bapak Camat Ciparay dan Bpk Kapolsek Ciparay bersama anggotanya tentunya dan dari BPBD kabupaten Bandung hadir.

“Pada hari ini telah melaksanakan kegiatan pembersihan reruntuhan-reruntuhan atau korban yang terdampak angin puting beliung, di mana kemarin telah terjadi bencana angin puting beliung sekitar pukul 14 30 wib,” ujarnya.

Sambung Danramil, seperti yang telah disampaikan oleh Kapolsek sebanyak 67 KK yang terbagi dalam 271 jiwa dari 5 RW yang terdampak dari korban bencana kejadian angin puting beliung ini.

“Alhamdulillah pada hari ini kita telah melakukan pendataan dan pembersihan rumah yang terdampak dari angin puting beliung, “tuturnya.

Danramil juga berharap kepada masyarakat luas, membangun rumah itu diperhatikan kontruksinya sehinga apabila nanti ada angin puting beliung tidak sampai hancur parah. “Tetap waspada karena angin puting beliung ini rutenya disini, ” ucapnya.

Ucapnya, dampak dari Elnio kemaren kekeringan dan sekarang hujan dan banjir. Untuk itu kami mohon pada masyarakat harus rajinlah melakukan pembersihan seperti pembersihan sampah di aliran air.

“Tentunya kami TNI-Polri tetap sama-sama terlibat untuk menjaga kebersihan lingkungan dan mengimbau kepada masyarakat untuk sadar terhadap kebersihan lingkungan,” pungkasnya.* Didi Suwardi