Regional

Puskesmas Panjalu Siap Bersinergi Dalam Pelayanan Kesehatan

Ciamis.Swara Jabbar Com.-Laporan dari kronologi  yang disampaikan kepada pihak media dari Upen Suhendar pelaksana perawat yang pada waktu malam minggu 23 desember 2023 Saya tugas malam.
Sekitar jam 21. 15 wib datang kepala wilayah dusun banjarwaru pa julianto memakai motor datang ke UGD.
Singkatnya ada pasien yang mau dirawat di puskesmas panjalu dan minta dijemput pakai anbulance karena tugas dan rencana hanya menjemput saya berangkat sendiri sebagai sopir ambulan, tanpa membawa tensi,stetoskop,dan spo.
Langsung datang kerumah pasien yang dari jalan desa sekitar 100 meter hanya bisa pakai belangkar.

Setibanya saya dirumah pasien saya liat pasien kelihatan lemah dan kesakitan.sudah terpasang o2 katanya dipasang oleh petugas kesehatan.Ceritanya pasien post oprasi ginjal di Rsu dr soekarjo tasikmalaya 10 hari yang lalu.
Karena kelihatan pasien lemah dan kesakitan saya konsultasi ke Dr puskesmas panjalu jam 21.34 wib dan saya tunggu jawaban dari doktor.

dr.Riki Amardiansyah kepala puskesmas panjalu menyarankan untuk langsung dibawa ke rumah sakit.
Masih kata dr Riki. saya memberi penjelasan tentang prosedur kepada pak kawil dan tokoh yang ada malam itu.
Penjelasan saya kalau ingin cepat tiba dan langsung ditangani di rumah sakit pasien langsung bawa ke rumah sakit dengan tanpa rujukan dan petugas.yaitu menggunakan mobil pribadi asal terpasang oksigen.karena dikeluarga sudah ada.

Kalau mau pake ambulan puskesmas ada prosedur,pasien dibawa ke puskesmas panjalu,ditindak/infus sesuai advice doktor.melakukan dokumentasi,menghubungi pihak rumah sakit yang akan dituju dan menunggu jawaban rumah sakit setempat itu membutuhkan waktu dan proses.

Seandainya saya waktu itu menggunakan ambulance membawa pasien ke rumah sakit tanpa perawat,tanpa rujukan,tanpa tindakan/infus.datang ke rumah sakit sering kena teguran malah ditolak.itu kalau sampai rumah sakit
Seandainya pasien sampai meninggal dunia dalam perjalanan dan saya yang membawa saya takut disalahkan karena tidak melakukan prosedur.

Demikian kesaksian saya dalam kejadian tadi malam.mohon maaf yang sebesar besarnya tidak ada niatan lain.hanya untuk mempercepat proses. Tanggapan dari pihak camat Rihendi beserta Kepala Puskesmas Panjalu.
Menerangkan bahwa puskesmas siap melayani masyarakat.Dan himbauan dari Camat Panjalu yaitu  pegawai puskesmas harus bersinergitas hal imi disaksikan pihak Kepolisian sektor Panjalu dan Camat Panjalu beserta tokoh masyarakat Panjalu