Pemerintahan

Bey Machmudin Sampaikan Duka Mendalam Musibah Kecelakaan Kereta Api di Kabupaten Bandung

Kab Bandung.Swara Jabbar Com.-Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin bersama Kapolda Jabar dan Pangdam III/Siliwangi meninjau langsung lokasi kecelakaan Kereta Api Lokal Bandung dengan KA Turangga di petak Jalan Haur Pugur-Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jumat (5/1/2024).

Peristiwa kecelakaan kereta api tersebut terjadi di KM 181+700 petak jalan antara Stasiun Haurpugur – Stasiun Cicalengka pada Jumat (5/1), pukul 06.03 WIB.

Hingga pukul 12.30, data PT KAI, teridentifikasi empat korban meninggal dunia dan 28 luka berat. Keempat korban meninggal adalah petugas PT KAI yang terdiri dari masinis, asisten masinis, pramugara, dan sekuriti.

Atas peristiwa itu Bey Machmudin menyampaikan rasa duka mendalam untuk korban.

“Pertama kita sampaikan dukacita mendalam pada keluarga dan korban jiwa meninggal. Semoga almarhum mendapat tempat di sisi Allah. Untuk evakuasi masih terus dilakukan,” kata Bey.

Untuk evakuasi korban, pemerintah menyiapkan enam rumah sakit, yakni RSUD Cicalengka, Puskesmas Cicalengka, Puskesmas Rancaekek, RS AMC, RS Harapan Keluarga, dan RSKK Jabar.

Sementara itu terkait penyebab kecelakaan, ujar Bey masih menunggu investasi dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

Pj Gubernur Jabar menyampaikan apresiasi atas kinerja cepat tanggap dari pihak PT KAI beserta jajaran Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS), TNI/Polri, dan para pihak yang terlibat dalam proses evakuasi.

“Saya mengapresiasi pada PT KAI, BASARNAS, dan TNI/Polri atas kecepatan dalam penanganan kasus ini. Semua penumpang sudah diangkut, jadi sudah tidak ada penumpang di sini dan tidak ada korban dari masyarakat,” ungkapnya.

Akibat dari kecelakaan kereta adu banteng itu menyisakan sejumlah gerbong yang masih dalam proses evakuasi, juga menyebabkan hambatan perjalanan.

Vice President Public Relations PT KAI Joni Martinus menjelaskan, ada perubahan rute perjalanan sejumlah kereta api yang harus dilakukan sebagai akibat kecelakaan tersebut.

“Relasi yang seharusnya Bandung – Cicalengka – Banjar – Kroya, menjadi Bandung – Cikampek – Cirebon – Purwokerto – Kroya,” ujar Joni.

Berikut nama-nama KA yang perjalanannya batal atau harus memutar di jalur KA antara Bandung – Cicalengka – Banjar pada hari ini, Jumat (5/1), pukul 09:00 WIB:

A. Jadwal KA Batal:

1. KA 92 (Lodaya) lintas Bd-Kya
2. KA 6 (Argo Wilis) lintas Bd-Kya
3. KA 182 (Baturraden Ekspres) lintas Bd-Kya
4. KA 181 (Baturraden Ekspres) lintas Kya-Pwt
5. KA 250 (Serayu) lintas Pwt-Kya
6. KA 251 (Serayu) lintas Kya-Bd-Ckp
7. KA 252 (Serayu) lintas Ckp-Kya
8. KA 249 (Serayu) lintas Kya-Pwt
9. KA 240 (Pasundan) lintas Kac-Kya

B. Jadwal KA Memutar (lewat Bd-Ckp-Kya):

1. PLB 92BK1 (Lodaya) lintas Bd-Ckp
2. PLB 92BK (Lodaya) lintas Ckp-Cn-Kya
3. PLB 6BK1 (Argo Wilis) lintas Bd-Ckp
4. PLB 6BK (Argo Wilis) lintas Ckp-Cnp-Ppk-Kya
5. PLB 182BK1 (Baturraden Ekspress) lintas Bd-Ckp
6. PLB 182BK (Baturraden Ekspress) lintas Ckp-Cnp-Ppk-Pwt
7. PLB 250BK1 (Serayu) lintas Pwt-Ppk-Cnp-Ckp
8. PLB 249BK2 (Serayu) lintas Ckp-Cnp-Ppk-Pwt
9. PLB 240BK1 (Pasundan) lintas Kac-Ckp
10. PLB 240BK (Pasundan) lintas Ckp-Cnp-Ppk-Kya