Regional

Burung Perkutut membawa keberuntungan dan menolak Santet

Bandung.Swara Jabbar Com.-

Oleh Jeremy Huang Wijaya

珍惜并爱护众生,你就会得到幸福与平安
Zhēnxī bìng àihù zhòngshēng, nǐ jiù huì dédào xìngfú yǔ píng’ān artinya sayangi dan cintai mahluk hidup maka kau dapatkan kebahagiaan dan kedamaian
Jaman Dulu seseorang belum kaya dan belum terhormat jika tidak memiliki keris, kuda dan dokar, batu akik, dan burung Perkutut sebagai hewan peliharaan di rumah.

Burung Perkutut memiliki nama latin Geopelia Striata hidup di dataran rendah hingga ketinggian 900 m, habitat hidupnya di tepian hutan, ladang dan sawah yang memiliki padang rumput terbuka. Biasanya ada di Sumatra, Pulau Jawa dan Bali.

Burung Perkutut simbol kesejahteraan dan kematangan seorang pria Jawa sesuai dengan kepercayaan yang dianut dalam budaya Jawa.

Burung Perkutut dipercaya memberikan ketentraman dan ketenangan bagi Pemiliknya, Ciri bunyi yang khas Kung Kung, semakin panjang bunyi Kung kungnya akan banyak membawa hoki keberuntungan bagi pemiliknya. Burung Perkutut kesayangan Bangsawan dan Raja di Jawa jaman dulu. Umumnya para Bangsawan di Jawa pasti pelihara Perkutut.

Burung Perkutut mudah dipelihara, makannya hanya biji bijian dan Padi. Burung Perkutut juga harus selalu dimandikan kemudian dijemur di pagi hari supaya sehat. Mandi bukan hanya untuk kebersihan, tetapi juga membantu menjaga kelembapan bulu dan kesehatan burung secara keseluruhan, cara memandikannya dengan cara disemprot, yaitu alat semprotan untuk burung, Supaya Gacor nyaring bunyi nya ada yang memberikan kacang hijau, ada yang memberikan kunyit dipotong sebesar biji, ada juga yang memberikan kencur yang dipotong potong sebesar biji. Konon katanya akan membuat burung Perkutut bersuara merdu.

Jaman dulu Burung Perkutut dipercaya dapat mengusir serta menjauhkan energi negatif yang mengancam.
Tahun 1837 Naturalis dari Inggris namanya William John Swainson yang pertama kali memperkenalkan Perkutut Jawa kedunia.

Ternyata ada banyak jenis Perkutut seperti 1..Perkutut Katuranggan Kol Buntet mengandung makna perlindungan dan keberanian,
2.Perkutut Katuranggan Jogo Boyo dipercaya membawa perlindungan dari serangan mahluk halus sebagai simbol keberanian dan kewaspadaan
3. Perkutut Katuranggan Puser Bumi sebagai simbol kesuburan dan kemakmuran
4. Perkutut Rajel Wesi sebagai simbol kekuatan
5. Perkutut Katuranggan Singkir Singkolo adalah burung kesayangan Sunan Kalijaga dipercaya mengusir energi negatif
Memelihara burung perkutut di rumah sebagai keselarasan hidup