Regional

Buntuti Tanda Tidak Percaya diri

Bandung.Swara Jabbar Com.-

 

Oleh Jeremy Huang Wijaya

Akhir akhir ini kata Buntuti jadi populer. Hingga Butet Kartaredjasa membuat Puisi tentang Buntuti
Hal ini mengingatkan kita pada kisah wayang. Setelah kekalahan Yudistira dalam permainan dadu untuk yang kedua kalinya maka para Pandawa harus hidup dalam pengasingan selama 12 tahun harus bersembunyi tidak boleh ketahuan jika ketahuan maka Pandawa harus hidup 12 tahun lagi dalam pengasingan. Setelah kekalahan permainan dadu Pandawa diberikan daerah yang masih berupa hutan yang bernama hutan Wanamarta. (Wana berarti Hutan). Hutan tersebut terkenal keangkerannya.

Kemudian Pandawa bersembunyi di kerajaan Wirata. Yudhistira menyamar sebagai seorang Brahmana bernama Kangka, Bima menyamar sebagai seorang juru masak dan pegulat bernama Balawa. Arjuna sebagai guru tari dan nyanyi bernama Wrahanala. Nakula menjadi seorang penggembala kuda bernama Grantika dan Sadewa jadi penggembala sapi bernama Tantipala. Dropadi menjadi seorang perias bernama Sarindri melayani ratu Sudesna. Selama hidup dalam pengasingan Sangkuni selalu mengutus orang untuk Buntuti Pandawa karena jika mereka ketahuan harus dibuang selama 12 tahun

Penyamaran Pandawa hampir terbongkar ketika Korawa menyerbu Wirata yang dalam keadaan sangat lemah. Lalu negeri Wirata diserang para Korawa dari Astina. Para Pandawa ikut berperang membela Wirata. Serangan Korawa gagal, mereka kalah oleh orang-orang yang tidak dikenal dan membuat mereka curiga. Setelah perang usai, kedok Pandawa terbuka. Tetapi mereka sudah bersembunyi genap selama setahun, jadi tidak apa-apa.

Buntuti adalah rasa cemas yang berlebihan dari penguasa atau orang yang berpengaruh terhadap orang yang dianggap dan dinilai membahayakan bagi posisi kedudukannya sebagai penguasa atau berpengaruh.
Buntuti juga bisa terjadi karena cinta dan ngefans yang berlebihan. Karena obsesi atau rasa takut kehilangan orang yang dicintainya. Bisa seorang pemuda kepada pemudi yang dicintainya. Atau penggemar yang mengidolakan artis kesayangannya.

Buntuti sebetulnya termasuk Anxiety disorder adalah gangguan mental yang menyebabkan rasa cemas dan takut berlebih. Hal tersebut membuat Anda menjadi tidak semangat untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Karena orientasi pikiran nya hanya tertuju kepada seseorang tidak fokus kepada yang lain.
Buntuti dan takut kehilangan kekuasaan timbul karena tidak percaya pada takdir. Jika pasrah dan percaya pada takdir bahwa jodoh, rejeki dan hidup mati seseorang diatur dan menjadi rencana Tuhan kepada seseorang maka tidak akan buntuti seseorang dan tidak takut kehilangan kekuasaan.