Regional

Tahapan Kampanye, Panwaslu Ciparay Tangani 5 Dugaan Pelanggaran Pemilu

Kab Bandung.Swara Jabbar Com.-Rabu 31 Januari 2024 Masa Kampanye tinggal 10 hari kedepan, Panwaslu kecamatan ciparay gelar press release di kantor sekretariat panwaslu kecamatan Ciparay, Rabu 31 Januari 2024.
Ketua Panwaslu Ciparay, Ade Irpan Al Anshory, menyampaikan dalam tahapan kampanye menyayangkan karena masih banyak peserta pemilu dalam melaksanakan kampanyenya tidak Bersurat ke pihak kepolisian dan menembuskan ke bawaslu sebagaimana yang telah diatur dalam PKPU 20 tahun 2023 perubahan atas PKPU 15 tahun 2023. padahal jika itu ketahuan oleh kami masuk pada Dugaan Pelanggaran Administrasi.
Dalam tahapan kampanye panwaslu kecamatan Ciparay telah meregister Dugaan Pelanggaran

‚ÄúDalam tahapan kampanye ini kami panwaslu kecamatan Ciparay telah memproses 5 dugaan Pelanggaran terdiri dari 1 laporan masyarakat dan 4 temuan kami dilapangan yang langsung ditangani oleh Kordiv P3S pak Ilham Kholid” imbuh Ketua Ade.

begitupun dalam melakukan Pencegahan baik langsung ataupun secara tertulis di 46 titik lokasi kampanye.
Sebagaimana yang disampaikan oleh Kordiv HP2HM awan Ernawan “Pengawasan kampanye kami lakukan di seluruh wilayah Kecamatan Ciparay baik dalam bentuk tatap muka, pertemuan terbatas, atau dalam bentuk lainnya.”
Pengawasan kampanye yang dilakukan diantaranya kampanye capres-cawapres nomor urut satu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar sebanyak dua kali, capres-cawapres nomor urut dua Prabowo Subianto- Gibran Rakabuming Raka belum ada dan capres-cawapres nomor urut tiga Ganjar Pranowo-Mahfud MD dua kali.

Sementara itu, kampanye untuk Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) juga belum ada, Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) sebanyak 18 kali. Serta Dewan Perwakilan Rakyat Daerah provinsi (DPRD Provinsi) sebanyak 7 kali dan DPRD kabupaten/kota sebanyak 17 kali.

“Pengawasan akan terus kami lakukan, baik berupa kampanye serta penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) di sejumlah titik di wilayah Kecamatan Ciparay, tambah Awan” dikesempatan yang sama Kordiv P3S Ilham Kholid menambahkan

“Dua pekan menjelang Pemilu 2024 ini, kami Panwascam Ciparay mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk dapat berpartisipasi aktif dalam mengawasi pelaksanaan kampanye Pemilu 2024 ini, termasuk nanti tiga hari masa tenang dan di hari pemungutan suara. Dengan ikut serta mengawasi pelaksanaan kampanye Pemilu 2024 agar tidak terjadi kecurangan, masyarakat secara langsung dapat ikut memastikan bahwa proses demokrasi dapat berjalan dengan fair, adil dan berkualitas sesuai prinsip-prinsip pemilu”. pungkasnya ( Didi.S )