Parlementaria

Aep Nurdin Mendorong BUMdes Menjadi Roda Perekonomian

Kab Bandung Barat.Swara Jabbar Com.-Badan usaha milik desa merupakan usaha desa yang dikelola oleh Pemerintah Desa, dan berbadan hukum. Pemerintah Desa dapat mendirikan Badan Usaha Milik Desa sesuai dengan kebutuhan dan potensi Desa. Pembentukan Badan Usaha Milik Desa ditetapkan dengan Peraturan Desa.
Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dituntut kreatif dan inovatif melihat peluang usaha . Tujuannya supaya kegiatan ekonomi di desa tetap bergairah.
Anggota Komisi III DPRD Jawa Barat Aep Nurdin menyatakan, BUMDes di Jabar harus terus berinovasi .BUMDes memiliki peran strategis untuk meningkatkan pemberdayaan dan perekonomian masyarakat desa.

“BUMDes harus inovatif dan beradaptasi melihat peluang usaha yang muncul¬† agar kegiatan ekonomi di desa tetap bergairah,” kata Legislator Partai Keadilan Sejahtera (PKS)

Menurut yang bisa bertahan selama pandemi Covid-19 merupakan BUMDes yang bisa membaca dan memanfaatkan peluang.

Anggota Fraksi PKS DPRD Provinsi Jawa Barat Aep Nurdin menyatakan pengelolaan BUMDes harus fokus kepada produk unggulan. Kemudian, pemanfaatan platform digital diharapkan dilakukan DPM-Desa Jabar, supaya BUMDes dapat menjangkau pasar yang luas. Menurutnya Platform digital mampu mengurangi risiko  Sebab, transaksi jual-beli tidak dilakukan secara tatap muka.

Selain itu dalam Pandangannya disebutkan perlunya memaksimalkan peran BUMdes dengan memperhatikan potensi desa dan kearifan lokal. Karenanya desa-desa harus bisa menggali potensi desa dengan kemampuan sesuai geografis desa masing-masing.

Dirinya menyatakan akan mendorong Pemprov Jabar untuk terus memberikan dukungan penuh terhadap pengembangan BUMDes dengan melakukan pemetaan akan skala prioritas sektor usaha serta perubahan jenis usaha,sehingga peluang bisnis yang baru dapat ditemukan

Terutama juga untuk mengkonsolidasikan aset BUMDes, meningkatkan pengawasan, mendukung penguatan manajemen dan kelembagaan BUMDes melalui dukungan teknis, fasilitasi permodalan, peningkatan SDM lokal dan jaringan kerja sama dengan pihak terkait.

“Tentunya kami memberikan apresiasi dan mendorong agar BUMDes di Wilayah Jawa Barat bisa berkembang, kita beri support dan program agar desa desa di Jabar menjadi desa mandiri dan dengan berkembangnya BUMDes akan berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat setempat,” pungkasnya. (AP)