TNI

Pangdam III/Slw Tinjau Lokasi Terdampak Bencana Angin Puting Beliung

Sumedang.Swara Jabbar Com.-Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Erwin Djatniko melaksanakan pengecekan lokasi yang terdampak bencana alam angin puting beliung di wilayah Kec. Jatinangor dan Kec. Cimanggung Kab. Sumedang serta Kec. Rancaekek Kab. Bandung, Kamis (22/02/2024).

Pelaksanaan kegiatan dihadiri Danrem 062/TN Kolonel Arh Rudi Ragil SP. S, Sos, M.Si, Dandim 0610/Sumedang Letkol Kav Christian Gordon Rambu M.Si.(Han), Dandim 0624/Kab. Bandung Letkol Inf Hamzah Budi Santoso, S.E., M.I.P., dan staf Kodim 0610/Smd serta Kodim 0624/Kab. Bandung.

Bencana alam angin puting beliung terjadi pada hari Rabu (21/02) disebabkan oleh hujan deras disertai angin kencang sekitar pukul 15.30 wib s.d 16.40 wib mengakibatkan warga mengalami luka-luka dan terdapat banyak bangunan yang mengalami kerusakan terutama dibagian atap bangunan.

Pada kesempatan tersebut Pangdam III/Slw melakukan peninjauan di kawasan industri serta wilayah terdampak lainnya di Dusun Ciparuang/Situbuntu Desa Mangungarga dan Dusun Bojongbolang Desa Mangungarga Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang serta Dusun Cipanas Desa Nanjung Mekar Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung.

Pasca terjadinya bencana, Kodam III/Slw langsung menerjunkan personelnya dari jajaran Kodim 0610/Sumedang, Kodim 0624/Kab. Bandung dan Yonif 301/PKS bekerjasama dengan Polres Sumedang, Brimob Polda Jabar, BPBD, Satpol PP, Tagana, PLN, Puskesmas serta seluruh aparat pemerintah dan warga setempat.

Personel di lapangan langsung bekerja untuk membantu evakuasi warga menuju ke Rumah Sakit dan tempat aman sementara, mendirikan tenda darurat dan posko bencana serta membersihkan puing-puing bangunan.

Mayjen TNI Erwin Djatniko memastikan, personel jajaran Kodam III/Slw akan terus membantu warga di lokasi bencana dengan maksimal bersama dengan aparat dan unsur terkait lainnya. (Pendam III/Siliwangi).