Parlementaria

Hj.Sumiyati Mendorong Pemprov Jabar Memaksimalkan Kinerja BUMD

Bandung.Swara Jabbar Com.-Anggota Komisi III DPRD Provinsi Jawa Barat Hj.Sumiyati mengatakan, pihaknya akan terus mendorong pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk dapat memaksimalkan kinerja Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Hal ini penting dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah  (PAD).

Provinsi Jawa Barat memiliki potensi PAD yang cukup besar, namun belum semua dapat digali dan dikelola dengan baik. Oleh karena itu, melalui BUMD yang dimiliki pemprov Jabar, semua aset dan potensi daerah dapat menghasilkan PAD untuk Pemprov Jabar.

Hj. Sumiyati mengatakan “Agar BUMD terus tetap eksis dan mampu memberikan deviden kepada PAD, maka Komisi III DPRD Jabar mendorong Pemprov Jabar melalui BUMD yang ada agar terus berinovasi dan mencari trobosan,  dengan memanfaatkan aset-aset yang dimiliki oleh Pemprov Jabar.”

“Mudah-mudahan kedepan bisa terus berkembang, sehingga BUMD seperti BJB juga bisa menghasilkan terobosan dan inovasi, sehingga mampu bersaing dengan bank-bank lainnya,” ungkapnya.

“Inovasi, harus mampu diwujudkan oleh bjb. Inovasi yang sifatnya bisa membangun BUMD menjadi lebih baik. Baik dari Sumber Daya Manusia nya, maupun dari segi tekgnologinya, agar bisa setara dengan bank swasta yang ada di Indonesia,” tambahnya.

Lebih lanjut Legislator PDIP Perjuangan Hj.Sumiyati asal Dapil Jabar VIII (Kota Depok-Kota Bekasi) mengatakan Komisi III memiliki cakupan cukup luas untuk melakukan pengawasan ke seluruh kinerja BUMD. Bahkan bukan hanya mengawasi BUMD saja, tetapi juga mengawasi pendapatan asli daerah dari sektor yang lainnya. Baik berupa pajak dari PKB maupun pajak air permukaan dan pajak lainnya.

“Guna meningkatkan PAD, Komisi III DPRD Jabar terus melakukan pengawasan dan meminta masukan, apa saja kendala yang ada di salah satu BUMD seperti perbankan, BPR dan lainnya. Kita juga sedang menginventarisir mana saja BUMD yang menguntungkan dan mana yang kurang menguntungkan,”Pungkas Hj.Sumiyati. (AP)