Pendidikan

Lima program ponpes Al -Muhajirin di bulan suci Ramadhan

Purwakarta,Swara Jabbar Com.-Setiap tahun Al Muhajirin di Bulan Ramadhan selalu mengadakan kegiatan kegiatan berbagi kepada sesama, Tahun sekarang ada 5 Program yang di canangkan di Divisi Sosial Pondok Pesantren Al Muhajirin 1445 H, Kegiatan yang sekarang di laksanakan ini merupakan kegiatan seluruh Al Muhajirin yang di kordinatori oleh Divisi Sosial Al Muhajirin dan nanti pelaksanaannya bekerjasama dengan Unit Unit yang ada di Al Muhajirin

Heru Rojikin M.Ag sebagai Ketua Divisi Sosial di Al Muhajirin,di temui di Ponpes Al Muhajirin Kampus 1,Jl. Veteran No.155, RT.41/RW.05, Nagri Kaler, Kabupaten PurwakartaJumat (15/03) menjelaskan ada 5 Program yang di canangkan di Divisi Sosial Pondok Pesantren Al Muhajirin tahun 2024.

Pertama, buka puasa bersama kaum dhuafa, dilaksanakan dengan mengunjungi kelompok-kelompok yang membutuhkan, seperti anak jalanan dan pemulung. Sebelumnya, kegiatan dimulai dengan ngaji dan tausiyah, berbagi takjil dilanjutkan buka puasa bersama dan santunan.

Kedua, Program sebar wakaf Al Qur’an, memenuhi antusiasme tinggi dalam membaca Al-Qur’an di bulan suci Ramadhan. Ini membantu memfasilitasi kebutuhan akan Al-Qur’an, dengan target utama di Pondok Al-Muhajirin dan mesjid-mesjid di Purwakarta.

Ketiga, Program saur on the road, di mana makanan sahur sekitar 50 paket dibagikan kepada yang membutuhkan di jalanan, seperti anak jalanan, pengemis, dan pemulung yang dilaksanakan setiap akhir pekan.

Keempat, Program sedekah takjil santri, di mana dana dikumpulkan untuk memberikan takjil kepada santri. Hal ini dianggap sebagai sedekah terbaik karena santri menjalani puasa dengan penuh ibadah.

Terakhir, Program santunan bagi fakir miskin, di mana seluruh unit di Al-Muhajirin menggalang dana zakat, infak, dan sedekah dari santri dan orang tua. Setelah itu dipuncak kegiatan ramadhan setiap unit memberikan santunan kepada fakir miskin yang ada disekitar unit, selain itu juga santunan tersebut diluar wilayah purwakarta.

Semua program ini bertujuan untuk membawa kebahagiaan dan meringankan beban bagi mereka yang membutuhkan, sambil memberikan kontribusi positif kepada masyarakat luas.

Untuk itu kami mengajak kaum muslimin yang diberikan rizki lebih oleh Allah SWT bisa menyalurkan zakat, infaq dan sedekah di Al-Muhajirin. Dukungan yang diberikan akan kami manfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk melaksanakan program-program tersebut sesuai dengan rencana yang telah kami susun,pungkasnya.(supriyadi)