Pendidikan

Disdik Jabar dan Saber Pungli Standby di Sekolah, Pastikan Tak Ada Pungutan Dalam PPDB.

Bandung.Swara Jabbar Com.-Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar menyiapkan berbagai cara dalam upaya mencegah pungutan liar (pungli) pada pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2024.

Kepala Disdik Jabar, Wahyu Mijaya mengaku telah berkoordinasi dengan Saber Pungli untuk pencegahan. Pihaknya bersama Saber Pungli akan memasangkan spanduk guna mencegah terjadinya pungli.

“Yang dilakukan bersama Saber Pungli akan memasang spanduk tentang tidak ada pungutan dan sebagainya,” Katanya usai Bewara Jawa Barat (BEJA), volume 5 bertajuk Kick Off PPDB Jabar 2024 di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (8/5).

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, selain memasang spanduk. Nantinya pihaknya dari Saber Pungli akan berada di sekolah-sekolah saat pelaksanaan PPDB.

“Kemudian kedua, Saber Pungli juga akan ada di sekolah-sekolah untuk memantau, memonitor selama proses PPDB tersebut,” jelasnya.

Wahyu menambahkan, apabila ada dugaan pungli saat PPDB, pihaknya akan segera melakukan tindak lanjut. Hal tersebut bertujuan agar dapat memastikan kesalahan yang terjadi di lapangan.

“Kalau ada kesalahan administrasi atau bisa jadi ada keinginan jahat. Itu akan kita lihat yang penting kita akan coba lakukan prosesnya,” tambahnya.

Dirinya mengungkap apabila ditemukannya indikasi kecurangan yang dilakukan pihak sekolah, pihaknya akan segera melakukan tindakan.

“Harus dilihat, (kesalahan) apakah itu dari sekolah, apakah dari eksternal. Kalau eksternal, itu juga disesuaikan dengan bentuk kekeliruannya apa. Misal mengarah pidana, siapa yang proses maka itu diterapkan. Dari sisi kami, mengawal tiap proses administrasinya benar, mengawal panitia PPDB itu melakukan dengan benar. Tidak ada Pungli, hal-hal kepentingan pribadi,” tandasnya. (die)