Regional

Masyarakat Kabupaten Kuningan Tetap Konsisten Dan Tingkatkan Eksistensi Budaya Jaipong

Kuningan.Swara Jabbar Com.-Pemkab Kuningan Jawa Barat Terus tingkatkan minat masyarakat untuk menjadi anggota sanggar astagiri, sehingga seni dan budaya sunda terus berkembang eksistensinya seiring dengan perkembangan zaman,Minggu (13/03/2022).

kegiatan tersebut dihadiri Bupati Kuningan H. Acep Purnama S.H,MH didampingi Kabid Informasi Komunikasi Publik (IKP) Diskominfo Anwar Nasihin, S.Kom, M.Si dan Kabid Kebudayaan Disdikbud Emup Muplihudin, S.Pd serta undangan lainnya.

Bupati Kuningan H. Acep Purnama, S.H, MH. menyampaikan pada saat membuka Pasanggiri Ibing Jaipong Astagiri yang bertempat di Gedung kesenian Raksawacana, Bahwa kegiatan ini adalah salah satu bentuk upaya untuk melestarikan dan mempertahankan budaya sunda serta menjadi bukti bahwa masih banyak masyarakat, khususnya pemuda-pemudi Kuningan yang peduli dengan kelestarian sunda tarian jaipong.

“Saya sangat mendukung penuh kegiatan ibing jaipong astagiri sebagai wujud pelestarian budaya sunda, semoga kedepan dapat tetap konsisten dan terus melebarkan sayap untuk lebih mengenal seni dan budaya sunda kepada masyarakat luas bahkan sampai di kancah internasional, “Ungkapnya.

Lanjut Bupati menyatakan, dalam hal ini melihat peran orang tua menjadi hal yang sangat penting dalam upaya pengenalan kesenian tradisional. Untuk melestarikan budaya sunda seni tari jaipong, kita semua harus lebih aktif memperkenalkan budaya tradisional khususnya kepada pemuda-pemudi.

“Maka dari itu keberadaan seni dan tradisi Sunda perlu tetap ada dan dijaga sehingga bisa tetap dinikmati berbagai kalangan masyarakat.  Jangan, sampai pudar tergilas oleh budaya asing,” pungkasnya.

(Maman R/Deden Sudiana)