TNI

Demi Kelancaran Tugas Bersama, Kodam III/Siliwangi Jalin Kerja Sama Dengan PT. KAI

Bandung.Swara Jabbar Com.-Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, S.I.P., didampingi para Asisten Kasdam III/Slw dan para Kabalakdam III/Slw serta pejabat Kodam lainnya menuju Stasiun Bandung, Jalan Stasiun Barat, Kebun Jeruk, Andir Kota Bandung, Jawa Barat. Kedatangannya dalam rangka menandatangani perjanjian kerja sama antara PT. KAI (Persero) Daops 2 Bandung dan Daops 3 Cirebon dengan Kodam III/Siliwangi.

Hal itu dibenarkan Kapendam III/Slw Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto, saat dikonfirmasi seusai kegiatan mendampingi Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo di Bogor, Jawa Barat, Kamis (21/4/2022).

Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto menyampaikan bahwa, kerjasama PT. KAI sudah dilakukan oleh Kantor Pusatnya dengan Mabes TNI dan Mabesad, sehingga Daops 2 Bandung dan Daops 3 Cirebon menindaklanjuti di tingkat operasional. Kodam III/Slw dilaksanakan pada Rabu, 20 April 2022 kemarin.

“Kerja sama seperti ini perlu dilakukan dalam upaya meningkatkan operasional KAI yang akan berpengaruh kepada peningkatan ekonomi masyarakat,” ujar Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto.

Sementara itu, dalam sambutannya, kata Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto, Pangdam III/Slw Kunto Arief Wibowo menuturkan, berbagai permasalahan sosial yang bersinggungan dengan masyarakat akan diselesaikan melalui sinergitas pembinaan teritorial yang dilakukan Kodam III/Siliwangi. Sehingga kemungkinan konflik dan bakal konflik akan mudah dideteksi sejak dini.

Selain itu, kemampuan KAI juga akan dipadukan dengan kepentingan militer dari Kodam III/Siliwangi. Seperti halnya kegiatan pergeseran pasukan dan perlengkapan prajurit dapat diangkut melalui gerbong kereta api sehingga lebih efektif dan efisien. Serta beberapa kegiatan penting lainnya yang bernilai strategis di wilayah teritorial Kodam III/Siliwangi.

“Dengan demikian PT. KAI nantinya akan dapat dimanfaatkan untuk kepentingan militer baik pada masa damai maupun perang. Beberapa SOP yang dimiliki PT. KAI dapat dipadukan dengan kegiatan taktis yang akan dilakukan oleh Kodam III/Siliwangi. Sehingga MoU yang telah dilakukan sangat tepat, karena memiliki beberapa kesamaan langkah dalam mencapai tujuan,” pungkasnya. (Pendam III/Siliwangi).