TNI

Dansektor 5 Citarum Harum, Pimpin Langsung Atasi Banjir

Bandung.Swara Jabbar Com.-Curah hujan yang melanda Kabupaten Bandung dan sekitarnya belakangan ini semakin tinggi, berdampak kepada kebersihan lingkungan, terlebih kebersihan sungai yang dipenuhi sampah maupun limbah lainnya yang terbawa arus aliran air hujan, seperti halnya yang terjadi di Sungai Cikeruh Sapan Tegal Luar, Kecamatan Bojong Soang Kabupaten Bandung yang tertutup dengan bermacam sampah yang terjadi pada Minggu, 24 April 2022 malam.

Menyikapi hal tersebut, Dansektor 5 Citarum Harum Kolonel Kav Gigih Nugroho bersama Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas PUPR Kabupaten Bandung dengan menggunakan excapator dan 3 unit Dump Truck Toronton, mengadakan pembersihan sampah yang menutupi Sungai Cikeruh yang sempat menghambat aliran air sungai sehingga meluap ke jalan.

Hal tersebut dibenarkan Kapendam III/Slw Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto saat dikonfirmasi di Kantor Pendam III/Slw Jalan Aceh No. 69 Kota Bandung Jabar, Senin (25/4/2022).

Lanjutnya menuturkan, pelaksanaan pembersihan Sungai Cikeruh yang dipimpin langsung Dansektor 5 Citarum Harum Kolonel Kav Gigih Nugroho, dilaksanakan pada malam hari hingga menjelang pagi, sementara sampah yang berhasil diangkat dari sungai tersebut lebih kurang 140 meter kubik.

Dikatakan Kapendam III/Slw Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto, bahwa kesigapan Satgas Citarum Harum membersihkan Sungai tanpa mengenal waktu tersebut merupakan implementasi dari perintah Kasad dan Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, bahwa TNI harus selalu hadir membantu dalam segala kesulitan rakyat di sekitarnya dan menjadikan solusi.

“Alhamdulillah berkat kesigapan Komandan Sektor 5 Ciatarum Harum bersama instansi terkait, warga sekitar sungai tidak terdampak banjir akibat tumpukan sampah yang menutupi aliran sungai tersebut, kini sungai Cikeruh kembali mengalir lancar dan bersih,” pungkasnya. (Pendam III/Siliwangi).