Parlementaria

Bucky Wikagoe : Nilai Kebudayaan Terus Di Lestarikan

Bandung.Swara Jabbar Com.-Jawa Barat memiliki keanekaragaman budaya yang melahirkan beberapa jenis kesenian sebagai ciri budaya masyarakat, salah satunya adalah lkesenian yang lahir di kalangan rakyat itu sendiri. Hal ini menunjukan bearagam pula jenis kesenian yang dimiliki tiap-tiap daerah.Salah satu diantaranya kesenian yang bersifat tradisi.Keberadaan Kesenian tradisi erat kaitannya dengan kondisi, lingkungan, perekonomian , mata pencaharian masyarakat dan sebagainya.
Pentingnya pelestarian budaya Tradisional dalam memperkuat Pancasila.Saat ini pemahaman Pancasila mulai terkikis dikalangan generasi muda. Tantangan yang dihadapi  saat ini Budaya Tradisional Jabar sudah mulai berkurang mendapat  tanggapan dari Anggota  DPRD Provinsi Jawa Barat Fraksi Gerindra  Bucky Wikagoe.
Lebih jauh Aleg dari Dapil Jabar I (Kota Bandung-Kota Cimahi) menuturkan Jawa Barat memiliki keanekaragaman budaya yang melahirkan beberapa jenis kesenian sebagai ciri budaya masyarakat, salah satunya adalah kesenian yang lahir di Jawa Barat.
Artinya Budaya tradisional itu banyak variannya diantaranya kesenian dsb  Memang kita melihat  pertunjukan kesenian itu dari data ada sekitar 400 -an , kondisinya ada yang sudah mati, sudah sekarat , masih ada yang baik , bertahan berkembnag itu harus dilihat lagi kondisinya tandasnya.
Tapi yang paling penting adalah produk warisan budaya dari kita ini merupakan hal yang penting menjadi identitas kita atau kita kehilangan nilai-nilai budaya , tetapi kita kehilangan identitas.Saya menyampaikan Filosopi sunda “Hilang Bahasana Hilang Bangsana”  Jadi bagaimana program Ngamumule bahasa sunda betul-betul dilaksanakan dan konsisten ungkap Bucky
Sekarang banyak tulisan-tulisan di WA atau di jalan-jalan Wilujeung seharusnya ditulis  Wilujeng, hal tesebut harus dikoreksi dari hal yang kecil. Jangan sampai kesalahan yang kecil dibiarkan jadi kesalahan yang besar pungkasnya. (die)